PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

IRMA RIZQI FADHILAH, 17201163424 (2020) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Irma Rizqi Fadhilah, NIM. 17201163424, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing: Annisatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Reward, Punishment, Hasil Belajar, Fiqh Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan, baik untuk individu maupun kelompok. Kualitas suatu pendidikan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi peserta didik yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Salah satu cara dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar hasil belajar meningkat adalah dengan pemberian penghargaan dan teguran. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan tersebut yaitu dengan cara memberikan reward dan punishment. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membuat penelitian mengenai pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Rumusan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemberian punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh pemberian punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, dengan teknik pengambilan sampel berjumlah 24 siswa secara random. Analisis datanya menggunakan SPSS untuk uji t dan uji Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian reward terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji t dalam Regresi Sederhana antara variabel independen reward (X1) terhadap variabel dependen hasil belajar (Y) yakni sebesar 10.827 yang lebih besar dari T tabel senilai 2,051. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian punishment terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji t dalam Regresi Sederhana antara variabel independen punisment (X2) terhadap variabel dependen hasil belajar (Y) yakni sebesar 13.203 yang lebih besar dari T tabel senilai 2,051. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji Regresi Berganda antara variabel independen reward dan punisment (X1 dan X2) terhadap variabel dependen Hasil belajar (Y) yakni sebesar 7.335 yang lebih besar dari F tabel senilai 3,350.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163424 IRMA RIZQI FADHILAH
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:56
Last Modified: 27 Apr 2021 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18561

Actions (login required)

View Item View Item