ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS FABEL KARYA SISWA KELAS VII-C MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

INDAH YUNIARTI, 17210163057 (2020) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS FABEL KARYA SISWA KELAS VII-C MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Yuniarti, Indah. NIM. 17210163057. 2020. Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Fabel Karya Siswa MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negegri Tulungagung. Pembimbing: Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci : struktur, kaidah kebahasaan, teks fabel. Menulis teks fabel merupakan salah satu materi yang harus dikuasai siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada penulisan teks fabel harus memperhatikan struktur dari teks fabel dan kaidah kebahasaan tersebut, supaya teks fabel yang akan ditulis menjadi suatu cerita yang menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks fabel. Maka dari itu penguasaan struktur teks fabel dan kaidah kebahasaan menjadi pokok permasalahan, karena banyak siswa-siswi tidak mengetahui atau memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel. Kurangnya referensi dan penguasaan terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel menjadikan siswa-siswi tidak mampu menulis teks fabel dengan baik. Siswa sudah mampu menulis teks fabel akan tetapi masih banyak siswa yang belum menerapka struktur dan kaidah kebahasaan ke dalam teks fabel sehingga teks fabel tersebut tidak sesui dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Terkait dengan hal ini, peneliti menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel karya siswa kelas VII-C MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana struktur teks fabel karya siswa kelas VII-C mts assyafi’iyah gondang tulungagung? (2) bagaimana kaidah kebahasaan teks fabel karya siswa kelas VII-C mts assyafi’iyah gondang tulungagung?. Penelitian ini memiliki dua tujuan (1) mendeskripsikan struktur teks fabel karya siswa kelas VII-C mts assyafi’iyah gondang tulungagung. (2) mendeskripsikan kaidah kebahasaan teks fabel karya siswa kelas VII-C mts assyafi’iyah gondang tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa teks fabel karya siswa kelas VII-C MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Data penelitian ini berupa struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi hasil karangan siswa kelas VII-C MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks fabel bagian orientasi terdapat 18 teks siswa yang sudah termasuk dan memenuhi konsep struktur orientasi dan dua teks tidak termasuk dan tidak memenuhi konsep struktur orientasi karena dua teks tersebut tidak menjelaskan tempat terjadinya teks tersebut. Pada bagian komplikasi, resolusi dan koda dari 20 teks fabel karya siswa sudah termasuk dan memenuhi konsep struktur komplikasi. Sedangkan pada kaidah kebahasaan teks fabel ditemukan 191 kata kerja dan pengklasifikasiannya, 41 penggunaan kata sandang sang dan si, 92 penggunaan kata tempat dan waktu san 39 penggunaan kata hubung lalu, kemudian dan akhirnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 17210163057 INDAH YUNIARTI
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:37
Last Modified: 27 Apr 2021 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item View Item