PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE HAFALAN AL-QURAN PADA SISWA KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NISA AKBARSYAH, 17205163332 (2020) PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE HAFALAN AL-QURAN PADA SISWA KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Persepsi Siswa Terhadap Metode Hafalan Al-Quran Pada Siswa Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nisa Akbarsyah, NIM 17205163332, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Munardji, M.Ag Kata kunci : Persepsi, Metode Hafalan MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung merupakan Lembaga Pendidikan Agama yang mengembangkan pembelajarannya menekankan pada pendidikan agama yang berdasarkan pada Al-Qur’an, karena Al-Qur’an sebagai dasar sekaligus sumber pendidikan. MI Podorejo memiliki ciri khas tersendiri, setiap berdoa sebelum pembelajaran selalu disertai membaca dan menghafal Al-Quran terutama yang juz 30 serta surat yasin secara serentak. Metode hafalan telah diterapakan dalam keseharian sebelum pelajaran dimulai terutama juz ‘amma dan surat yasin. kebiasaan yang sangat menarik dan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu diadakannya menghafal ayat-ayat Al-Quran sebelum pembelajaran dimulai selesai secara serentak. Hal ini dikarenakan agar peserta didik terbiasa dengan membaca dan menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dan harapan para guru adalah agar peserta didik termotivasi untuk menghafalkan Al-Qur’an. Akan tetapi hal terpentingnya adalah peserta didik bisa mengamalkan pada kehidupan sehari-hari, agar antara ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dapat sinkron dan terpadu Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Siswa Terhadap Metode Hafalan Al-Quran Pada Siswa Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung pada tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Podorejo tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel berjumlah 45 siswa yang diambil dari siswa kelas IV yang merespon angket online yang dikirimkan melalui grup watsapp kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berjumlah 11 soal yang disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk deskriptif dan distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengenai Persepsi Siswa Terhadap Metode Hafalan Al-Quran Pada Siswa Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung diperoleh data bahwa 75,56% atau sebanyak 34 siswa memiliki persepsi positif, 18,98% atau sebanyak 11 siswa menduduki memiliki persepsi negatif. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan mean empirik Persepsi Siswa Terhadap Metode Hafalan ( Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung) 43,24 lebih besar dari mean teoritik 33 atau 43,24>33 dan ditunjukan dengan uji corellation person product momen mendapatkan nilai hasil 0,301 dinyatakan signifikan karena Rhitung >Rtabel pada taraf signifikansi 5% (Rtabel= 0,301

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163332 NISA AKBARSYAH
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:52
Last Modified: 28 Apr 2021 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item View Item