WIDARI RETNA FITROHATI, 17506164066 (2018) STRATEGI USTADZAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SANTRI PADA KITAB RISALATUL MAHIDL (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung Dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Strategi Ustadz Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Santri Pada Kitab Risalatul Mahidl (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut Tulungagung Dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar)” ini disusun oleh Widari Retna Fitrohati dengan dibimbing oleh Dr. Sokip, M.Pd.I dan Prof.Dr.H.Hasyim Nawawie, SH,M.Si,M.H.I Kata Kunci : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh ustadz yang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kemajuan dan perkembangan peserta didik, baik secara moral maupun intelegensi. Sehingga keberadaan ustadz akan sangat menentukan keberhasilan peserta didik secara umum. Fokus penelitian tesis ini adalah 1.) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman belajar santri pada kitab Risalatul Mahidl di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar. 2.) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman belajar santri pada kitab Risalatul Mahidl di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar. 3.) Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman belajar santri pada kitab Risalatul Mahidl di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut Tulungagung dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk katagori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi Situs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1.) Perencanaan pembelajaran, yang telah di upayakan oleh kedua pesantren ini yakni ustadz/ustadzah berperan sebagai mediator seperti menyampaikan agenda pembelajaran di pondok pesantren yang akan peserta didik jalani, ustadz sebagai motivator,maksudnya memberikan gambaran- gambaran pondok pesantren yang menarik sehingga peserta didik menjadi lebih bersemangat , dan selanjutnya ustadz sebagai uswah/tauladan bagi santri. Setiap perilaku dan tindakan ustadz/ ustadzah akan menjadi panutan santri terutama bagi peserta didik yang belum terkontrol kesopananya akan dapat berubah seiring waktu dengan penanaman perilaku baik dari kegiatan sehari-harinya di pesantren.2.) Didalam kedua lembaga mengenai Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman santri meliputi waktu masuk kelas, proses belajar mengajar, materi, metode ceramah, Tanya jawab dan pemecahan masalah. Selain itu pelaksanaan di dalam pembahasan Risalatul Mahidl ustadzah memberikan contoh masalah masalh haidl pada setiap kegiatan untuk menunjang santri lebih teliti dan memahami, menindak dengan segera apabila ada santri yang mendapatkan masalah haid. 3). Evaluasi Ustadz dalam meningkatkan pemahaman santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Meliputi teguran secara langsung, klasikal dan non klasikan menggunakan evaluasi formatif dan sub formatif Dan Evaluasi Ustadz dalam meningkatkan pemahaman santri Di Pondok Pesantren Nurul Ulum Blitar Meliputi teguran secara langsung, kontrol yang berkelanjutan melalui buku kendali sholat santri, dan daftar hadir. Sedangkan Persamaan Didalam kedua lembaga mengenai Evaluasi meningkatkan pemahaman santri yakni meliputi teguran secara langsung Kesimpulan : pada dasarnya strategi ustadz pada kedua lembaga ini mempunyai kesamaan yaitu dengan memberikan contoh yang baik/uswah hasanah kepada santri dalam meningkatkan pemahaman risalatul mahidl sehingga santri mempunyai model untuk mempermudah implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang telah di terapkan pada kegiatan pembelajaran serta memberikan materi secara mendalam dan juga sering membahas dan memecahkan masalah haidl pada santri dalam setiap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 17506164066 Widari Retna Fitrohati |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 01:31 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 01:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18647 |
Actions (login required)
View Item |