POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN PENDIDIKAN YANG RAMAH ANAK (Studi Multikasus di MI Hidayatus Sibyan dan SDN Deyeng 2)

LATIF FADILAH, 12505184019 (2020) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN PENDIDIKAN YANG RAMAH ANAK (Studi Multikasus di MI Hidayatus Sibyan dan SDN Deyeng 2). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pola Komunikasi Orang Tua Dan Madrasah Dalam Menciptakan Pendidikan Yang Ramah Anak (Studi Multikasus di MI Hidayatus Sibyan dan SDN Deyeng 2)” ini ditulis oleh Latif Fadilah NIM 12505184019 dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M. Pd.I dan Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pendidikan Ramah Anak Pola komunikasi orang tua dan madrasah dalam menciptkan pendidikan yang ramah anak dilatar belakangi oleh, dibutuhkannya kerjasama komunikasi antara orang tua dengan madrasah dan komunikasi orang tua dengan anak untuk mendukung dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak. Peneliti mengangkat pendidikan ramah anak adalah untuk mewujudkan pendidikan yang mendapatkan sebuah perlindungan tanpa adanya kekerasan, sehingga nantinya peserta didik berada di sekolah merasa nyaman, aman, damai sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Fokus masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana pola komunikasi orang tua dengan lembaga dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak? (2) Bagaimana pola komunikasi orang tua dengan anak dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak? (3) Bagaimana problem pola komunikasi orang tua, lembaga dan anak dalam mewujudkan pendidikan yang ramah anak? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pola komunikasi orang tua dengan lembaga dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak (2) Untuk menganalisis pola komunikasi orang tua dengan anak dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak (3) Untuk menganalisis problem pola komunikasi orang tua, lembaga dan anak dalam mewujudkan pendidikan yang ramah anak. Pada penelitian ini penulis menggunakan pedekatan kualitatif dan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1) wawancara, dan 2). Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ke dua teknik tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi. Metode triangulasi yang digunakan oleh peneliti menggunakan triangulasi sumber selain itu metode ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Di dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa temuan Pola Komunikasi orang tua dan madrasah dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak di MI Hidayatus Sibyan dan SDN Deyeng 2: (1) pola komunikasi orang tua dengan lembaga dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak adalah komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok (2) Pola komunikasi orang tua dengan anak dalam menciptakan pendidikan yang ramah anak adalah pola komunikasi otoriter, pola komunikasi gaya pelopor, pola komunikasi konsultan, pola komunikasi demokratis? (3) Problem pola komunikasi orang tua, lembaga dan anak dalam mewujudkan pendidikan yang ramah anak antara lain Alat-alat komunikasi, orang tua yang tidak proaktif, kualitas pertemuan keluarga, keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184019 LATIF FADILAH
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:49
Last Modified: 28 Apr 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item View Item