HIDAYATI, WAHYU NUR (2015) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK SD ISLAM AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
02. BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
04. BAB III.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
05. BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
06. BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
07.DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (123kB) |
||
Text
08. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
||
Text
09.BIOGRAFI PENULIS.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Sekolah Dasar Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Wahyu Nur Hidayati NIM. 3211113173, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh,M.Pd.I Kata kunci : Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Kepribadian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak anak zaman sekarang yang kurang mengerti akan sopan santun. Baik dari perkataan atau perbuatan. Apakah itu dari segi orang tua yang kurang mengajarkan tentang pendidikan agama Islam atau tentang lingkungan keluarga, rumah bahkan lingkungan sekolah. Sekarang banyak terjadi contoh kecil saja ada guru duduk di lantai peserta didik berdiri di depan gurunya. Pendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi kesadaran peserta didik dalam berbuat dan bertingkah laku (kepribadian), serta melihat apa yang telah dilakukan guru di dalam sekolahan sehari-harinya, peserta didik bisa mencontohnya. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembentukan kepribadian (Jujur, Tanggung Jawab) peserta didik Sekolah Dasar Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, Dalam penelitian ini, yang dijadikan populasi adalah seluruh peserta didik Sekolah Dasar Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yang berjumlah 244 siswa. Selanjutnya diambil sampel dengan menggunakan metode “cluster Sampling” dari keseluruhan jumlah populasi, sehingga diperoleh 23 siswa sebagai responden yaitu kelas V. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner dengan sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Sebelum instrumen diujikan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, sehingga instrumen yang diujikan benar-benar valid dan reliabel. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut dianalisis t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1.) Ada pengaruh yang signifikan antara t hitung dan t tabel pada taraf 5%, dengan t hitung 2,427 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan agama Islam dengan pembiasaan sifat jujur. (2.) Ada pengaruh yang signifikan antara t hitung dan t tabel pada taraf 5%, dengan t hitung 2.701 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan agama Islam dengan penanaman sikap tanggung jawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | WAHYU NUR HIDAYATI |
Date Deposited: | 18 Nov 2015 06:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2015 06:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1869 |
Actions (login required)
View Item |