EVI HADI SAFITRI, 17205163313 (2020) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA WAYANG HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MIFTAHUL HUDA SIDOWAREK PLEMAHAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2019 / 2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul Pengaruh Pemanfaatan Media Wayang Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Sidowarek Plemahan Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020,” ditulis oleh Evi Hadi Safitri, NIM. 17205163313, yang dibimbing langsung oleh Bapak Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi kualitas bercerita anak di MI Miftahul Huda Sidowarek Plemahan Kediri masih tergolong cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu guru masih kurang menyadari akan pentingnya membangkitkan minat dan perhatian siswa dalam pelajaran bahasa indonesia khususnya tetang bercerita anak. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, 1) Bagaimana pengaruh penggunaan media wayang hewan terhadap kemampuan bercerita tulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 6, 5 dan 4 MI Miftahul Huda Sidowarek Plemahan Kediri? 2) Bagaimana pengaruh penggunaan media wayang hewan terhadap kemampuan bercerita lisan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 6, 5 dan 4 MI Miftahul Huda Sidowarek Plemahan Kediri?, dan 3) Bagaimana pengaruh penggunaan media wayang hewan terhadap kemampuan bercerita tulis dan lisan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 6, 5 dan 4 MI Miftahul Huda Sidowarek Plemahan Kediri? Peneliti menggunakan metode penelitian jenis kuantitatif, dimana pada jenis penelitian kuantitatif tersebut merupakan penelitian yang berbentuk angka untuk menguji suatu hipotesis. Sedangkan pedekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, Hasil t hitung > ttabel ( 15,694 > 2,037) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari pada 0,05 (0,00 < 0,05) membuktikan bahwasanya penggunaan media wayang hewan cukup efektif meningkatkan kemampuan bercerita anak pada siswa kelas 6, 5 dan 4. Baik itu kemampuan bercerita secara tulis maupun lisan. Diperkuat dengan observasi yang menunjukkan sebelum penggunaan media wayang hewan, skor bernilai 70% dengan kategori C atau cukup. Baru setelah penggunaan media dalam bercerita skor mengalami peningkatan sebesar 13% yakni 83% dengan kategori B atau baik. Kata Kunci: Anak, Bercerita, Media, Metode, Wayang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163313 EVI HADI SAFITRI |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 06:41 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18756 |
Actions (login required)
View Item |