KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 KEDIRI

NASRUL AMINUDIN, 17204163235 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM) Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri" ditulis oleh Nasrul Aminudin, NIM 17204163235, Dibimbing oleh Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Kemampuan Spasial, Graded Response Models (GRM), Bangun Ruang. Kemampuan berpikir kritis matematik adalah pengetahuan atau keterampilan dasar yang diperlukan untuk merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan analisis, mengevaluasi dan mengambil keputusan. Dalam penelitian ini akan dilihat berpikir kritis matematik berdasarkan kriteria FRISCO (Focus, Reason, Inference,Situation, Clarity, Overview). Graded Response Models (GRM) digunakan dengan tujuan untuk menampilkan estimasi parameter butir dan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan spasial tinggi dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) dalam menyelesaikan masalah bangun ruang kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri. (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan spasial sedang dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) dalam menyelesaikan masalah bangun ruang kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan spasial rendah dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) dalam menyelesaikan masalah bangun ruang kelas VIII di MTs Negeri 3 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek adalah 2 siswa yang berkemampuan spasial tinggi, 2 siswa yang berkemampuan spasial sedang dan 2 siswa yang berkemampuan spasial rendah. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan spasial, tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kemampuan spasial, tes kemamapuan berpikir kritis dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa yang bekemapuan kemampuan spasial tinggi dalam meneyelesaikan masalah bangun ruang kelas VIII adalah memiliki kemampuan berpikir kritis, hal ini dapat dilihat dari indikator yang dicapai antara lain focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. (2) Siswa yang bekemapuan kemampuan spasial sedang dalam meneyelesaikan masalah bangun ruang kelas VIII adalah memiliki kemampuan berpikir kritis, hal ini dapat dilihat dari indikator yang dicapai antara lain focus, reason, situation dan overview. (3) Siswa yang bekemapuan kemampuan spasial rendah dalam meneyelesaikan masalah bangun ruang kelas VIII adalah memiliki kemampuan berpikir kritis, hal ini dapat dilihat dari indikator yang dicapai antara lain focus, inference dan situation.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163235 Nasrul Aminudin
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:11
Last Modified: 28 Apr 2021 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item