FANDY RIZKY PUTRA SEPTIAN, 17205163124 (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Ekseprimen terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Fandy Rizky Putra Septian NIM. 17205163124, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, dibimbing oleh Musrikah M.Pd. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Minat Belajar, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar IPA menjadi masalah yang solusinya harus segera ditemukan. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya metode yang diterapkan di dalam kelas, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap minat belajar siswa, dan apakah ada pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa, demikian pula apakah ada pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V di MIN 7 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, dengan populasi kelas V siswa MIN 7 Tulungagung, sebanyak 42 anak, sampel diambil dari siswa kelas V-A sebanyak 21 anak dan V-B sebanyak 21 anak dimana terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional.Variabel penelitian teridiri dari variabel bebas yakni metode eksperimen demikan pula variabel terikatnya yakni minat belajar dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis uji independent sample t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen terhadap minat belajar siswa yakni dilihat dari hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05, dan Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa yakni dilihat dari hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05, demikian pula ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen terhadap minat dan hasil belajar siswa yakni dilihat dari hasil uji manova Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05. Dengan demikian metode eksperimen dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar dan mencapai hasil belajar yang maksimal untuk siswa MIN 7 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163124 Fandy Rizky Putra Septian |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:56 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18833 |
Actions (login required)
View Item |