PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN LANGKAPAN SRENGAT TAHUN AJARAN 2014/2015

NI’MAH, EKA ZAHROTUN (2015) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN LANGKAPAN SRENGAT TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Halaman depan (Eka ZN).pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Eka ZN) 3214113064.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II (Eka ZN) 3214113064.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB III (Eka ZN) 3214113064.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV (Eka ZN) 3214113064.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB V (Eka ZN) 3214113064.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Langkapan Srengat Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Eka Zahrotun Ni’mah, NIM. 3214113064, pembimbing Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan, Logis, Motivasi, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kecerdasan dan motivasi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Teori multiple intelligence (kecerdasan majemuk) mengungkapkan bahwa manusia memiliki bermacam-macam tipe kecerdasan. Kecerdasan logis-matematis merupakan salah satu dari kedelapan tipe kecerdasan dalam teori ini. Kecerdasan logis-matematis berkaitan dengan kemampuan manusia dalam mengolah angka, berfikir logis, menghubungkan pola sebab akibat, menganalisa dan memecahkan masalah. Kecerdasan logis-matematis melibatkan otak kiri, sehingga erat kaitannya dengan matematika. Sedangkan motivasi merupakan pendorong seseorang untuk bertindak memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara kecerdasan logis-matematis dan motivasi dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa di MTsN Langkapan Srengat Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Langkapan Srengat (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Langkapan Srengat (3) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Langkapan Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII MTsN Langkapan, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak karena masing-masing kelas dianggap homogen dan tidak mempunyai tingkatan (strata) tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dokumentasi dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kecerdasan logis matematis dan data tentang hasil belajar siswa MTsN Langkapan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel dan dokumen madrasah. Sedangkan observasi dilakukan peneliti pada saat siswa menjawab instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2014/2015. (2) Ada pengaruh positif antara motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2014/2015. (3) Ada pengaruh positif kecerdasan logis matematis dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Langkapan Srengat tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: EKA ZAHROTUN NI’MAH
Date Deposited: 27 Aug 2015 03:06
Last Modified: 27 Aug 2015 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item