IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA DI MTs WALI SONGO BESUKI TULUNGAGUNG

MUHAMMAD IQBALUL MUZAKY, 281113379 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA DI MTs WALI SONGO BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Iqbalul Muzaky, NIM: 281113379. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Perilaku Siswa di MTs Walisongo Besuki Tulungagung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perilaku Siswa Pendidikan merupakan salah satu faktor pembentuk religiusitas seseorang. Pendidikan di sekolah terutama pendidikan agama mempunyai peranan yang sangat besar di dalam membentuk religiusitas seseorang. Sekolah sangat penting dalam usaha pembentukan karakter siswa. Dalam konteks tersebut, pendidikan karakter adalah usaha sekolah yang dilakukan secara bersama oleh guru, pimpinan sekolah dan warga sekolah melalui kegiatan sekolah untuk membentuk akhlak, watak atau kepribadian siswa melalui berbagai kebaikan yang terdapat dalam ajaran agama. Pendidikan karakter bertujuan membangun sebuah karakter seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pendidikan karakter ini berperan penting bagi setiap orang, yang dimana karakter tersebut akan mengetahui identitas dan jati diri dari seseorang tersebut. Pendidikan karakter untuk membentuk pribadi yang lebih baik. Tujuannya pendidikan karakter ini adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam perilaku dan sikap yang dimilikinya. Dengan demikian peneliti mengambil di salah satu lembaga yakni MTs Walisongo Besuki Tulungagung sebagai objek penelitian. Hal ini di dasari oleh visi misi sekolah yaitu muslim yang takwa, berprestasi dan bertanggung jawab bagi pribadi,keluarga,lingkungan dan bangsa. ini sangat berkaitan dengan tema yang di usung oleh penulis yakni menjadi insan dengan karakter yang islami. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran mengenai pelaksanaan pendidikan karakter yang dapat membentuk perilaku siswa yang berakhul karimah. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk perilaku siswa di MTs Walisongo Besuki Tulungagung? (2) apa saja hambatan pendidikan karakter dalam membentuk perilaku siswa di MTs Walisongo Besuki Tulungagung? (3) apa dampak pendidikan karakter dalam membentuk perilaku siswa di MTs Walisongo Besuki Tulungagung?. Jenis data pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana upaya penerapan Pendidikan Karakter di MTs Wali Songo Besuki Tulungagung, peserta didik dapat terbentuk menjadi insan yang berakhlakul karimah, mandiri, jujur, peduli sahabat, toleransi, peduli sosial, disiplin, bertanggung jawab, peduli lingkungan dan religius. Walaupun tidak semua peserta didik mempunyai karakter yang baik dengan adanya peraturan sekolah dan pendidik (2) Faktor penghambat/kendala sekolah dalam upaya penerapan pendidikan karakter di MTs Wali Songo Besuki Tulungagung adalah orang tua yang belum membiasakan pendidikan kararakter di rumah, kurang pahamnya orang tua akan pentingnya pendidikan karakter, faktor lingkungan yang kurang kondusif sehingga tidak terdukungnya program kegiatan sekolah, kondisi siswa yang kurang memahami nilai-nilai karakter dan adanya pengaruh negatif dari dunia luar sehingga siswa merasakan malas dalam kegaiatan (3) Dampak dari Pendidikan Karakter di MTs Wali Songo Besuki Tulungagung adalah menjadikan pribadi yang tidak mengabaikan nilai social seperti toleransi, tanggung jawab sehingga terciptalah pribadi yang berkarakter unggul,menyeimbangkan kemampuan kognitif, kepekaan terhadap lingkungan sekitar, membentuk rasa percaya diri, menjadikan jiwa yang religious

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 2811133179 Muhammad Iqbalul Muzaky
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:56
Last Modified: 27 Sep 2021 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item