ANALISIS STRUKTUR KALIMAT PADA TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS VIII C MTs AL-MAARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

IZA FARIDATUL HUSNA, 17210163027 (2020) ANALISIS STRUKTUR KALIMAT PADA TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS VIII C MTs AL-MAARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (330kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Struktur Kalimat pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung tahun ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Iza Faridatul Husna, NIM. 17210163027, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: Struktur Kalimat, Teks Eksposisi Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah struktur kalimat pada teks eksposisi karya siswa. Pada teks eksposisi karya siswa, terdapat beberapa kesalahan struktur kalimat. Kasalahan penyusunan struktur sering terjadi dalam karangan siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan terhadap penggunaan struktur kalimat. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dari pihak terkait terutama guru bahasa Indonesia agar karya siswa bisa menjadi lebih baik lagi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana struktur kalimat subjek dan predikat yang digunakan dalam karangan teks eksposisi karya siswa kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung?; (2) bagaimana struktur kalimat objek, pelengkap, dan keterangan yang digunakan dalam teks eksposisi karya siswa kelas kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung?; (3) apa sajakah bentuk-bentuk kesalahan dan penyebab pada struktur kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur kalimat subjek dan predikat yang digunakan dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung; (2) mendeskripsikan struktur kalimat objek, pelengkap, dan keterangan yang digunakan dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung; (3) mendeskripsikan peneyebab kesalahan struktur kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII C MTs Al Maarif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari karya siswa berupa teks eksposisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini terdapat 36 kesalahan struktur kalimat yang terdiri dari kalimat tidak bersubjek sebanyak 2, kalimat tidak berpredikat sebanyak 2, kalimat tidak memiliki objek sebanyak 14, kalimat tanpa pelengkap sebanyak 8, dan kalimat tanpa keterangan sebanyak 10. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi, yaitu kesalahan struktur kalimat tidak memiliki objek dan kalimat tanpa keterangan. Selain itu, terdapat faktor penyebab kesalahan struktur kalimat, yaitu kurangnya penguuasaan penggunaan struktur kalimat dan siswa kurang berani bertanya pada guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163027 IZA FARIDATUL HUSNA
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:49
Last Modified: 27 Apr 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item View Item