YUFIDA 'AINUN NI'MAH, 17204163032 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA PADA SISWA KELAS A-18 MIPA 6 MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA pada Siswa Kelas A-18 MIPA 6 MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Yufida ‘Ainun Ni’mah, NIM. 17204163032, pembimbing Dra. Hj, Umy Zahroh, M. Kes. Ph.D . Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematika, PISA PISA (Programme of International Student Assessment) adalah studi yang dikembangkan oleh beberapa negara maju di dunia untuk menilai sejauh mana siswa yang berusia 15 tahun telah mempunyai kemahiran yang tepat dalam hal membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Kemahiran dapat terpenuhi salah satunya dengan cara menalar. Penalaran merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses berfikir dan menyimpulkan sesuatu. Dalam PISA salah satu kemampuan penalaran yang digunakan adalah kemampuan penalaran matematika. Setiap siswa mempunyai kemampuan penalaran matematika yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan penalaran matematika siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA dari aspek konten, 2) Kemampuan penalaran matematika siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA dari aspek proses. 3) Kemampuan penalaran matematika siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA dari aspek konteks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di MAN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA: 1) Dari aspek konten, siswa berkemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi indikator penalaran matematika sehingga mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika sedang cenderung memenuhi indikator analogi proses dan generalisasi sehingga kurang mampu menyelesaikan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika rendah tidak memenuhi indikator penalaran matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan soal berstandar PISA dengan tepat. 2) Dari Aspek proses, siswa berkemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi indikator penalaran matematika sehingga mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika sedang cenderung memenuhi indikator penalaran matematika sehingga kurang mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika rendah tidak memenuhi indikator penalaran matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan soal berstandar PISA dengan tepat. 3) Dari aspek konteks, siswa berkemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi indikator penalaran matematika sehingga mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika sedang kurang mampu menyelesailan soal berstandar PISA. Siswa berkemampuan penalarana matematika rendah tidak memenuhi indikator penalaran matematika sehingga tidak mampu menyelesaikan soal berstandar PISA dengan tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163032 Yufida 'Ainun Ni'mah |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 04:03 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18864 |
Actions (login required)
View Item |