STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI INOVASI PRODUK PADA UMKM (Studi pada Usaha Mikro Kecil Menengah Opak Gambir Putri Kembar di Desa Kebonsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar)

HENDRA AWALU NUROCHIM, 17402163657 (2020) STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI INOVASI PRODUK PADA UMKM (Studi pada Usaha Mikro Kecil Menengah Opak Gambir Putri Kembar di Desa Kebonsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Inovasi Produk pada UMKM (Studi pada Usaha Mikro Kecil Menengah Opak Gambir Putri Kembar di Desa Kebonsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Hendra Awalu Nurochim, NIM 17402163657 pembimbing Suminto, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini adalah sebuah perusahaan harus mempunyai strategi yang diterapkan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Ditengah persaingan dunia industri yang sangat ketat, UMKM Opak Gambir Putri Kembar mampu mempertahankan loyalitas pelanggan melalui inovasi produk. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana strategi yang dilakukan untuk memperthaankan loyalitas pelanggan melalui inovasi produk pada UMKM Putri Kembar di Desa Kebonsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar ? (2) Bagaimana kekuatan dan kelemahan dalam strategi inovasi produk untuk mempertahankan loyalitas pelanggan pada UMKM Putri Kembar di Desa Kebonsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis studi lapangan dengan menelaah seluruh data yang berkaitan dengan strategi inovasi produk dan analisis faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan pada perusahaan. Hasil penelitian ini : 1) Sedikit inovasi akan menambah nilai produk tersebut, inovasi tidak boleh dilakukan sekali saja karena besar kemungkinan akan ditiru oleh pesaing, inovasi harus diimbangi dengan kualitas produk yang baik, inovasi harus dapat menarik minat pasar. 2) Kekuatan inovasi adalah masih jarang produk opak gambir varian rasa-rasa, usaha adalah milik pribadi, sudah memiliki legalitas usaha, menggunakan bahan perasa alami. Kelemahannya adalah produksi opak gambir varian rasa-rasa tergantung orderan, sulit mendapatkan bahan perasa alami, kurang optimal dalam manajemen persediaan. Kata kunci : Loyalitas pelanggan, Inovasi, UMKM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163657 HENDRA AWALU NUROCHIM
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:56
Last Modified: 27 Apr 2021 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item