PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ZAHRO’, ANISSATUZ (2015) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tahun Pelajaran 2014/2015” ditulis oleh Anissatuz Zahro’ dibimbing Dra. Hj. St. Noer Farida Laila M.A. Kata Kunci: Kecerdasan Logis-Matematis, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kecerdasan. Manusia dianugerahi kecerdasan yang bermacam-macam oleh Allah SWT. Menurut Howard Gardner kecerdasan ada delapan macam, salah satunya adalah kecerdasan logis-matematis. Kecerdasan logis-matematis berkaitan dengan nalar logika dan matematika sehingga akan memberikan pengaruh kualitas belajar dan hasil belajar matematika yang diraih di sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana kecerdasan logis-matematis siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif kausal yaitu hubungan sebab-akibat, terdapat variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VIII A sebanyak 8 siswa, kelas VIII B sebanyak 11 siswa dan kelas VIII C sebanyak 11 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun pelajaran 2014/2015 dan dokumen hasil ujian tengah semester genap. Metode pengumpulan data (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh . Apabila dikonsultasikan pada dengan 1 dan 28 diperoleh , maka dan besarnya signifikansi adalah . Sesuai dengan hipotesis statistik yang telah dibuat sebelum penelitian, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun pelajaran 2014/2015 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ANISSATUZ ZAHRO’
Date Deposited: 27 Aug 2015 03:32
Last Modified: 27 Aug 2015 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1890

Actions (login required)

View Item View Item