PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

SOFIA FAJARINA, 17201163292 (2020) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat Baca terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Sofia Fajarina, NIM. 17201163292, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I., NIP. 19770724 200312 1 006. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Baca, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa yang berkunjung ke perpustakaan namun ada juga siswa yang jarang ke perpustakaan dengan alasan malas atau ada hal-hal lainnya. Hal ini, diperkirakan bahwa membaca itu membosankan, sehingga minat baca perlu ditingkatkan lagi mengingat pentingnya perpustakaan dan minat baca untuk menunjang hasil belajar Fiqih. Rumusan masalah: (1) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung?. Tujuan: (1) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Teknik sampling cluster random sampling. Populasi kelas VIII 285 siswa. Sampel 86 siswa. Teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi 2 prediktor. Uji prasyarat uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 12,106 > ttabel 1,989 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 13,058 > ttabel 1,989 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 179,529 > Ftabel 3,105 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163292 SOFIA FAJARINA
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:36
Last Modified: 29 Apr 2021 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

View Item View Item