CARA BERFIKIR KREATIF DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG

ROFIATUZ ZUHRIYAH, 17209163015 (2020) CARA BERFIKIR KREATIF DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Cara Berfikir Kreatif Dinjau Dari Gaya Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di MTs Negeri 2 Tulungagung” ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran sejarah sering di anggap kuno cenderung membosankan. Untuk itu sebagai pendidik harus mengembangan cara berfikir kreatif siswa. Berpikir kreatif memungkinkan sesuatu dari temuan- temuan baru. Pada penelitian ini menekankan lebih pada ingatan dan mencari suatu jawaban yang benar. Upaya yang di lakukan adalah dengan mendorong cara berfikir kreatif siswa berdasarkan dengan gaya belajar dari masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui cara berfikir kreatif siswa dengan gaya belajar Visual dalam mata pelajaran Sejarah kelas VIII MTs Negri 2 Tulungagung tahun 2019/ 2020, (2) Untuk mengetahui cara berfikir kreatif siswa dengan gaya belajar Audiotori dalam mata pelajaran Sejarah kelas VIII MTs Negri 2 Tulungagung tahun 2019/ 2020, (3) Untuk mengetahui cara berfikir kreatif siswa dengan gaya belajar Kinestetik dalam mata pelajaran Sejarah kelas VIII MTs Negri 2 Tulungagung tahun 2019/ 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpilan data berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Ketiga gaya belajar memenuhi empat indikator berfikir kreatif, siswa dapat menyelesaikan soal dengan lancar dan bernilai benar. Siswa mampu menunjukkan pendekatan lain maupun cara tersendiri yang unik dalam menyelesaikan soal. Saat wawancara subjek menambahkan keterangan jawaban dengan suara lantang, detail serta tegas dan dapat menambahkan cara tersendiri yang unik untuk memyelesaikan soal. Namun, subjek ZAZ tidak mampu memambah informasi atau keterangan pada soal. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Gaya belajar, IPS (Sejarah)

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163015 ROFIATUZ ZUHRIYAH
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:37
Last Modified: 29 Apr 2021 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item