PENANAMAN NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) PADA KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek)

EKO PRASETYO, 12506174021 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) PADA KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (507kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: EKO PRASETYO, NIM, 12506174021, “Penanaman Nilai-Nilai Aswaja pada kegiatan Rohani Islam dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multi Situs di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek)”, Tesis 2019, Program Pendidikan Agama Islam, Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing I, Dr. H.Nur Efendi,M.Ag dan Pembimbing II, Dr.H.Zaini,S.Ag.,M.PdI . Kata kunci: Pembelajaran, Aswaja An-Nahdliyah, Karakter Siswa. Konteks Penelitian: Sebagai negri yang strategis,Indonesia bagaikan pusat pasar raya. Itu karena Negara-negara kuat seperti Amerika,Iran dan Arab Saudi yang sama berperan Aktif dalam arus globalisasi,bebas keluar masuk menawarkan peradaban dan Idiologi Negara mereka.itu artinya masyarakat muslim di Negara kita sebenarnya telah lam terancam oleh berbagai budaya dan pemikiran asing.di satu sudut ada Liberalisme,Sekularisme,Pluralisme dan kapitalisme,sedangkan disudut yang lain ada salafi wahabi,Ahmadiyah dan Syiah.semenatara keadaan terjepit ,Masyarakat Ahlussunah wal Jama’ah dalam menampilkan ajaran mereka di tengah kehidupan pluralitas-kebangsaan hanya bisa bernaung di bawah tradisionalisme. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melangkah begitu pesat disertai tantangan degradasi moral kepada generasi muda penerus bangsa,dekadensi moral bertumbuh subur dan tempat mengumbar maksiat kian merajalela dan ancaman terpecahnya persatuan sebagai suatu bangsa akibat radikalisme. Kesadaran realita yang terjadi sekarang sangat dibutuhkan oleh pelaku pendidikan sekaligus ada sebuah solusi yang ditawarkan atas persoalan tersebut, jika tidak maka yang terjadi adalah karakter generasi muda menjadi rapuh, mudah terombang-ambing oleh trend budaya, mudah terjebak dengan paham-paham transnasional dan hilangnya jati diri sebagai bangsa Indonesia. Dalam konteks pendidikan, maka disinilah pentingnya pembelajaran nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah: tawassuṭ (moderat), tawāzun (berimbang), ta’adul (adil) dan tasāmuḥ (toleransi) yang dikemas dalam mata pelajaran Aswaja Ke-NU-an di sekolah-sekolah naungan LP M'aarif NU sebagai upaya untuk internalisasi nilai sehingga menjadi karakter siswa. Pertanyaan penelitian: 1. Bagaimana Penanaman nilai-nilai Tawasuth pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek?, 2. Bagaimana Penanaman nilai-nilai Tasamuh pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek?, 3. Bagaimana Penanaman nilai-nilai Tawazun pada kegiatan Rohani dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek?. Tujuan Penelitian: 1. Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tawasuth pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. 2. Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tasamuh pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. 3. Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tawazun pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam 1 dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus yang terdiri Sebagai informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kuriulum dan guru. Data diperoleh dengan cara: wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data, induktif deskriptif dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk keabsahan data digunakan uji trianggulasi. Hasil Penelitian: 1. Penanaman nilai Tawasuth pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Islam 1 Durenandan SMK Islam 2Durenan Trenggalek meliputi: Pembiasaan yasin tahlil sebebelum pelajaran, Pembiasaan sholat duha, Pembiasaan shalat dzuhur berjamaah,Pembiasaan wiridan setelah sholat,pembiasaan kedisiplinan, keteladanan dalam tingkah laku. 2. Penanaman nilai Tasammuh pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Islam 1 Durenandan 2 Durenan trenggalek meliputi : Menghargai pendapat orang lain,tidak membeda-bedakan dalam hal berteman ras, suku, warna kulit dan agama, membantu teman yang membutuhkan bantuan, menghormati guru dan orang yang lebih tua. 3. Penanaman nilai Tawazun pada kegiatan Rohani Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Islam 1 Durenandan SMK Islam 2 durenan trenggalek meliputi: Pentingnya menjaga kesehatan jasmani, Pembiasaan Istighosah siswa, Istiqomah dalam beribadah, senantiasa belajar dan berdoa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174021 EKO PRASETYO
Date Deposited: 26 Feb 2021 08:07
Last Modified: 27 Apr 2021 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item