ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA DAN RAGAM NGOKO KELAS IV DI MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ISNAINI DWI SEFTI RATNASARI, 17205163248 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA DAN RAGAM NGOKO KELAS IV DI MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Dan Ragam Ngoko Kelas IV Di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung” yang ditulis oleh Isnaini Dwi Sefti Ratnasari, NIM. 17205163248, dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd. I. Kata Kunci : Kesulitan belajar, Berbicara Bahasa Jawa, Krama, Ngoko Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak-anak di era sekarang dalam keterampilan berbicara bahasa jawa ragam krama. Anak lebih sering berbicara dengan mitra bicara menggunakan bahasa jawa ragam ngoko Apalagi ketika berbicara menggunakan bahasa jawa ragam ngoko dengan mitra bicara yang lebih dihormati, seperti guru dan orang tua. Hal ini dinilai kurang tepat dalam penggunaan bahasa jawa. Memudarnya kemampuan anak dalam menggunakan bahasa jawa ragam krama perlu disikapi dengan serius. Karena anak-anak merupakan generasi penerus yang diharapkan untuk tetap mampu menjaga kelestarian bahasa jawa. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana deskripsi penggunaan tata bahasa jawa sehari-hari siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? (2) Bagaimana deskripsi kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas IV dalam penggunaan tata bahasa jawa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? (3) Bagaimana solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas IV dalam penggunaan tata bahasa jawa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan penggunaan tata bahasa jawa sehari-hari siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung (2) Mendeskripsikan kesulitan kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas IV dalam penggunaan tata bahasa jawa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung (3) Mendeskripsikan solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas IV dalam penggunaan tata bahasa jawa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Skripsi ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu siswa, guru dan kepala madrasah, serta sumber data sekunder yaitu merupakan hasil dari tes siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Penggunaan tata bahasa sehari hari siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung sangat beragam diantaranya: siswa dengan siswa menggunakan bahasa jawa ngoko, siswa dengan guru yang menggunakan bahasa jawa ragam krama maupun bahasa jawa ragam ngoko, ada juga yang menggunakan bahasa campuran antara bahasa jawadengan bahasa Indonesia. Selain itu, pembiasaan bahasa jawa dilakukan satu minggu sekali ketika adanya jadwal pelajaran bahasa jawa. (2) Kesulitan belajar bahasa jawa ragam krama dan ragam ngoko yang dialami peserta didik kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung dalam penggunaan tata bahasa jawa yaitu: Siswa sering kali kurang tepat ketika berbicara dengan menggunakan bahasa jawa ragam krama. Hal ini disebabkan adanya faktor internal dan eksternal (3) Solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas IV dalam penggunaan tata bahasa jawa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung antara lain : dengan memberikan teguran, pembiasaan, pemberian jam tambahan serta penugasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163248 ISNAINI DWI SEFTI RATNASARI
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:14
Last Modified: 27 Apr 2021 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item