PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BLITAR

ESTU NUR WIDYASWARA, 17209163014 (2020) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problem ataupun masalah yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang disebabkan banyak faktor. Pembelajaran IPS pada jenjang pendidikan menengah pertama dan sederajat disajikan secara terpadu dengan tujuan “agar mata pelajaran ini lebih bermakna bagi peserta didik dan pengorganisasian materi akan disesuaikan dengan lingkungan, karakteristik serta kebutuhan peserta didik”. Mata pelajaran IPS merupakan gabungan dari beberapa macam disiplin ilmu sosial yang relevan lalu dikemas untuk tujuan pendidikan. Guna memahami permasalahan yang ada dalam Pendidikan IPS perlu adanya pemahaman-pemahaman dasar mengenai ilmuilmu sosial. Rumusan Penelitian ini adalah: (1) Apa problematika dan penyebab probelamtika siswa MTsN 1 Kota Blitar kelas VIII dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Bagaimana cara mengatasi problematika siswa MTsN 1 Kota Blitar kelas VIII dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan siswa MTsN 1 Kota Blitar kelas VIII mengalami problematika mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). (2) Mengidentifikasi penyebab problematika mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa MTsN 1 Kota Blitar kelas VIII. (3) Mendeskripsikan cara mengatasi problematika mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa MTsN 1 Kota Blitar kelas VIII. Untuk mencapai tujuan penelitian penelitian diatas digunakannya pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti hanya bertugas sebagai pengamat selama observasi berlangsung. Analisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dimana dari banyaknya data yang terkumpul dari catatan observasi lapangan diorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) beberapa faktor yang mempengaruhi siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar mengalami problematika pembelajaran IPS adalah : (a) Guru Selalu Menggunakan Metode Ceramah, (b) Kurangnya Penggunaan Media Pembelajaran, (c) Guru Kurang Menguasai Kelas, (d) Suara Guru Kurang Jelas dan Keras. (2) Harapkan dari siswa agar lebih memiliki semangat dalam pembelajaran IPS adalah: (a) Guru sebagai pengendali kondisi kelas (bermain peran), (b) Metode serta media pembelajaran yang bervariasi, (c) Adanya permainan dan kuis, (d)Pembelajaran diluar kelas

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163014 Estu Nur Widyaswara
Date Deposited: 09 Mar 2021 01:50
Last Modified: 09 Mar 2021 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item