MUHAMMAD MIFTAHUL FARID, 17305163021 (2020) مجاز المقارنة في رواية "امرأة عند نقطة الصفر" لنوال السعداوي (الدراسة الأسلوبية). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (328kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Muhammad Miftahul Farid, 2020, Majaz Perbandingan Dalam Novel “Perempuan di Titik Nol” Karya Nawal El-Sadawy (Kajian Stilistika), Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Rohmad, S.Hum, M.Pd.I Kata Kunci: stilistika, majas perbandingan, Novel Perempuan di Titik Nol Kelahiran Stilistika sebagai sebuah disiplin sering dinisbatkan kepada Charles Bally. Setelah itu, Stilistika mengalami perkembangan. Namun, makin marak pembahasan tentang disiplin ini, makin sulit menentukan pengertian yang pasti, batasan-batasan, maupun metode yang dipakai dalam disiplin ini. Itu karena para ahli menggunakan pendekatan yang berbeda. Pendekatan yang digunakan makin lama makin beragam, terutama ketika ilmu itu dikaitkan dengan ilmu-ilmu lain, baik linguistic, estetika, puisi dan lain-lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana unsur Stilistika (Pemajasan) dalam novel “Perempuan Di Titik Nol”? 2) Bagaimana peran Majas (perbandingan) tersebut dalam membangun makna? Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui unsur pemajasan dari novel “Perempuan Di Titik Nol”. 2) Mengidentifikasi novel “Perempuan Di Titik Nol” dari segi kajian Stilistika (Majas) novel dalam novel tersebut. Majas memiliki bermacam jenis yang jumlahnya relatif banyak, bahkan tidak sedikit literatur dan orang yang memasukkan stile yang bermain dengan struktur juga sebagai pemajasan. Dari sekian banyak bentuk pemajasan, tampak bahwa majas-majas itu pada umumnya berupa majas perbandingan dan sebagian yang majas pertautan. Majas yang termasuk kedalam majas perbandingan itu adalah simile, metafora, personifikasi, dan alegori. Setelah data yang diperoleh dan diperlukan telah berkumpul semuanya, maka tindak selanjutnya adalah memberikan analisis terhadap data tersebut. Adapun metode analisis data yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis data yang menggunakan dan mengambil kebenaran yang diperoleh dari kepustakaan, peraturan perundang-undangan, dokumendokumen, buku-buku dan bahan pustaka lainnya yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti kemudian didiskusikan dengan data yang diperoleh dari objek sehingga dapat ditarik kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka dengan tekhnik catat. Data penelitian bersifat deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dan mencatat fenomena temuannya yang terkait langsung dengan fokus penelitian, karakteristik ini berimplikasi pada data yang terkumpul, yakni cenderung berupa kata-kata atau uraian deskripstif. Namun tidak semua dapat dideskripsikan sehingga penulis cukup menggaris bawahi kalimat temuannya. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya 4 dari jenis majas perbandingan didalam novel perempuan di titik nol, yakni simile, berjumlah: 96, majas Metafora: 45, majas Alegori: 33, majas Personifikasi: 2. Total semua: 181 kalimat yang mengandung majas perbandingan ditemukan dalam novel tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bahasa & Sastra Arab |
Depositing User: | S1 17305163021 Muhammad Miftahul Farid |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 01:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19129 |
Actions (login required)
View Item |