ANALISIS STRUKTUR TEKS, CIRI KEBAHASAAN, DAN FAKTA PADA KARANGAN TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII C MTSN 4 BLITAR

IDZNA JULIA PRATIWI, 17210163033 (2020) ANALISIS STRUKTUR TEKS, CIRI KEBAHASAAN, DAN FAKTA PADA KARANGAN TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII C MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Struktur Teks, Ciri Kebahasaan, dan Fakta pada Karangan Teks Persuasi Siswa Kelas VIII C MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Idzna Julia Pratiwi, NIM.17210163033, pembimbing Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa di era kurikulum 2013 ini siswa dituntut untuk menghasilkan suatu produk atau karya dalam setiap kegiatan pembelajaran. Para siswa diharapkan memiliki kemampuan menulis dalam bidang sastra seperti menulis puisi dan cerpen, serta di bidang kebahasaan seperti menulis berbagai macam paragraf ataupun menulis karangan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang kegiatan menulis karangan teks persuasi siswa dengan memperhatikan penggunaan struktur teks, ciri kebahasaan dan fakta yang dapat meyakinkan pembaca. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah struktur penulisan teks yang terdapat pada karangan teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar? (2) Bagaimanakah ciri kebahasaan yang terdapat pada karangan teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar? Dan (3) Bagaimanakah fakta yang terdapat pada karangan teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana struktur penulisan teks yang terdapat pada karangan teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar, mendeskripsikan bagaimana ciri kebahasaan yang terdapat pada karangan teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar dan mendeskripsikan bagaimana fakta yang terdapat pada karangan teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi guru Bahasa Indonesia sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi dan melaksanakan pengajaran Bahasa Indonesia. Bagi siswa dapat membuat karangan teks persuasi dengan lebih teliti dan memperhatikan struktur, ciri kebahasaan dan fakta yang terdapat dalam teks persuasi. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari kelas VIII C MTsN 4 Blitar. Data berasal dari hasil tulisan siswa yaitu teks persuasi siswa kelas VIII C MTsN 4 Blitar.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membaca seluruh teks persuasi yang akan dijadikan objek penelitian, menganalisis struktur teks, ciri kebahasaan dan fakta yang terdapat dalam karangan teks persuasi serta membuat kesimpulan. Hasil analisis 16 siswa yang menulis teks persuasi, keseluruhan siswa sudah melengkapi pengenalan isu dan rangkuman argumen. Satu siswa tidak melengkapi kalimat ajakan dan 2 siswa tidak melengkapi penegasan kembali dalam bagian struktur teks. Satu siswa tidak melengkapi kalimat ajakan ataupun dorongan, 6 siswa tidak menggunakan kata teknis dan satu siswa tidak melengkapi kata argumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 17210163033 Idzna Julia Pratiwi
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:04
Last Modified: 27 Apr 2021 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item