IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM PELAYANAN PENYELESAIAN KLAIM (Studi Kasus Pada,AJB;Bumiputera 1912 Cabang Blitar)

NIMAS AYU RAHMADHANI, 17403163167 (2021) IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM PELAYANAN PENYELESAIAN KLAIM (Studi Kasus Pada,AJB;Bumiputera 1912 Cabang Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Good Corporate Governance Dalam Pelayanan Penyelesaian Klaim (Studi Kasus pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar)”, ditulis oleh Nimas Ayu Rahmadhani, 17403163167, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M. Si. Latar belakang penelitian ini adalah sektor perasuransian di Indonesia yang menunjukkan perkembangan signifikan. Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap lembaga perlindungan risiko cukup tinggi. Penerapan good corporate governance dilakukan dalam rangka menjaga pertumbuhan usaha secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan dan cara agar perusahaan mampu bertahan dalam persaingan. Sehingga dengan adanya penerapan good corporate governance diharapkan bisa menjadi salah satu faktor rating perusahaan asuransi serta menjadi bahan pertimbangan bagi calon pemegang polis dalam memilih suatu perusahaan asuransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pelaksanaan prinsip-prinsip good corporate governance (1) transparansi, (2) akuntabilitas, (3) responsibilitas, (4) independensi, (5) kesetaraan dalam pelayanan penyelesaian klaim pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah person dengan menggunakan sumber data wawancara kepala cabang, staff klaim, staff administrasi dan bagian keuangan, place dengan menggunakan sumber data observasi pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar, paper menggunakan sumber data berupa Dokumen Profil AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kurangnya penjelasan informasi yang lebih spesifik mengenai asuransi yang diberikan agen kepada pemegang polis, (2) Terjadinya waiting list karena banyaknya pemegang polis yang mengajukan klaim kepada AJB Bumiputera 1912, (3) Ketidaksesuaian/kurangnya persyaratan yang sudah ditentukan AJB Bumiputera 1912, (4) Hilangnya polis asuransi jiwa atau kwitansi bukti pembayaran premi. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Klaim, Asuransi Jiwa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: S1 17403163167 Nimas Ayu Rahmadhani
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:30
Last Modified: 09 Mar 2021 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19154

Actions (login required)

View Item View Item