UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMKN 1 GROGOL KEDIRI

BINTI FATIKHATUS SAADAH, 17201163316 (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMKN 1 GROGOL KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (414kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membnetuk Karakter Religius Peserta Didik di SMKN 1 Grogol Kediri” ini ditulis oleh Binti Fatikhatus Saadah dan dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah pada zaman sekarang banyak remaja yang sopan santunya kurang baik dan perilaku ibadahnya juga kurang baik. Oleh karena itu, sebagai seorang guru Pendidikan Agama Islam mempunyai upaya untuk membentuk karakter religius peserta didik. Dengan harapan peserta didik akan mempunyai akhlak yang baik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri, (2)Bagaimana hambatan dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri, (3)Bagaimana solusi untuk menghadapi hambatan dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri. (2)Untuk mendeskripsikan hambatan dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri. (3)Untuk mendeskripsikan solusi menghadapi hambatan dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitin deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengesekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan dan triangulasi (triangulasi sumber dan metode). Dan hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa: (1)Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri dilakukan guru PAI melalui kegiatan ekstrakulikuer keagamaan meliputi berdo’a dan membaca surat pendek diawal waktu, pembiasaan 3S (senyum, salam, sungkem), sholat dhuhur berjama’ah, penerapan seragam panjang bagi peserta didik perempuan, kegiatan Jum’at berkah (pembacaan yasin dan infaq), pembacaan manaqib, dan pelaksanaana hari besar Islam (PHBI). Kegiatan tersebut dilaksanakan menjadi tiga pelaksanaan yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan dan kegiatan tahunan. (2)Hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik yaitu: pertama, perbedaan latar belangkang peserta didik yang bermacam-macam. Kedua, munculnya kendala pada diri peserta didik seperti males, bandel dan lain sebagainya. (3)Solusi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam ketika menghadapi hambatan dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMKN 1 Grogol Kediri yang pertama, guru Pendidikan Agama Islam melakukan pemberian arahan bagi peserta didik yang perilakunya masih kurang baik. Pengarahan yang guru berikan bertujuan untuk membentuk karakter yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Kedua, guru Pendidikan Agama Islam Bekerjasama dengan orang tua peserta didik seperti melakukan pertemuan-pertemuan dengan para orang tua peserat didik untuk membahas kekurangan serta kelebihan peserta didik baik itu dari segi positif maupun negatif. Yang ketiga, Menerbitkan buku “Analisa Sholat Siswa” fungsi dari buku tersebut sebagai pengontrol guru Pendidikan Agama Islam terhadap kegiatan sholat peserta didik saat berada dirumah. Selain sebagai pengontrol, buku ini juga bermanfaat untuk mengingatkan peserta didik dan menjadi motivasi niat untuk melaksanakan pembiasaan ibadah sehari-hari peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201163316 Binti Fatikhatus Saadah
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:04
Last Modified: 26 Apr 2021 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item