ACHMAD ALAMIN, 12506174005 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BERBASIS KITAB KUNIG (Studi Multi Kasus di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Kitab Kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang” ini ditulis oleh Achmad Alamin. dibimbing oleh Dr. Sokip, M.Pd.I dan Dr. H. Imam Junaris, M.H.I Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Aqidah Akhlak dan Kitab Kuning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan peneliti terkait kurang maksimalnya alokasi waktu pendidikan aqidah akhlak yang hanya 2 jam dalam seminggu dan minimnya sumber belaja, buku penunjang dari pembelajaran Aqidah akhlak. maraknya aliran faham keagaman yang berkembang di masyarakat luas yang mempengaruhi corak muatan materi aqidah akhlaq serta kemerosotan moral remaja dan hilangnya etika dan sopan santun peserta didik terhadap guru. Untuk menjawab tantangan-tantangan di atas maka guru Aqidah Akhlak sangat besar perannya untuk mendisain, memilih dan memilah bahan dan rujukan materi aqidah akhlak yang sesuai dengan karakteristik bangsa indonesia. Seperti halnya di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang yang sedikit banyak sudah menjawab dari tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini. Hal ini dibuktikan dengan pengetahuan peserta didik yang semakin mendalam dan luas tentang ilmu agama kususnya aqidah akhlak serta tumbuhnya kesadaran moral dan akhlaq, budi pekerti, sopan santun peserta didik baik dengan guru, orang tua dan pergaulan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Kitab Kuning. Pertanyaan penelitian ini adalah; 1) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlaq berbasis kitab kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang; 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlaq berbasis kitab kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang; 3) Bagaimana dampak pelaksanaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlaq berbasis kitab kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk menemukan konsep baru tentang pelaksanan startegi pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis kitab kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang; 2) Untuk menemukan konsep baru tentang faktor pendukung dan penghambat pelaksanan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis kitab kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang; 3) Untuk menemukan konsep baru tentang dampak pelaksanaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis kitab kuning di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan rancangan studi multi kasus yang ada di MTs Negeri 2 Kediri dan MTs Negeri 3 Jombang. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174005 ACHMAD ALAMIN |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 07:51 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 03:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19260 |
Actions (login required)
View Item |