RESMAWIDYA MARTASARI, 17205163123 (2020) STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI DARUL FALAH SIDOMULYO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (268kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (26kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di MI Darul Falah Sidomulyo” ini ditulis oleh Resma Widya Martasari; NIM: 17205163123, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Ridho Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata kunci: Strategi Guru, Memotivasi Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang guru dengan melihat cara guru dalam menentukan strategi guru dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Darul Falah Sidomulyo. Tujuan penelitian yang diteliti dalam sekripsi ini berupa (1) untuk mendiskripsikan bagaimana strategi guru dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Darul Falah Sidomulyo, (2) untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Darul Falah Sidomulyo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: analisis data selama dilapangan, analisis data yang telah terkumpul, serta kesimpulan laporan penelitian. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar peserta didik yang ditinjau dari strategi guru dapat dilihat melalui beberapa strategi yang digunakan oleh guru. Di sekolah MI Darul Falah Sidomulyo guru menggunakan strategi kontekstual dalam kelasnya, yang menunjukan hasil bahwa, dengan menggunakan strategi kontekstual guru dapat lebih mudah menyampaikan materi dan peserta didik mudah dalam menerima materi yang disampaikan. Ada juga strategi partisipatif yang menunjukkan hasil yang baik, karena peserta didik dapat menerima materi yang disampaikan oleh guru dengan mudah dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Adapun strategi yang digunakan guru dalam memotivasi yaitu dengan menggunakan pujian dan celaan, menggunakan sistim hadiah dan hukuman, penyajian pelajaran dengan model yang menarik dan bervariasi, serta menggunakan games. Penelitian yang diteliti di MI Darul Falah Sidomulyo peneliti juga menemukan beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi selama proses belajar mengajar. Faktor pendukung motivasi belajar peserta didik berupa minat dan antusias belajar, kemampuan peserta didik, cita-cita peserta didik, kondisi peserta didik, lingkungan keluarga peserta didik, teman sebaya, kreatifitas guru, lingkungan sekolah, berat ringannya tugas dan meteri, serta kurikulum yang digunakan. Sedangkan faktor penghambat motivasi belajar peserta didik yaitu kondisi peserta didik yang tidak sehat, lingkungan peserta didik yang tidak nyaman, kondusif, dan bersih, kemampuan peserta didik yang rendah, jumlah peserta didik yang melebihi kapasitas kelas, berat ringannya tugasdan materi yang di berikan guru, kurikulum, kurangnya fasilitas sekolah, kurannya sumber ilmu dan buku belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163123 RESMAWIDYA MARTASARI |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 06:00 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19270 |
Actions (login required)
View Item |