TIA SEPTIANA, 17201163451 (2021) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Tia, NIM., pembimbing Bapak Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci : Pembinaan Karakter, Karakter Religius Peserta Didik, MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika globalisasi yang berdampak pada hilangnya moral anak bangsa. Dunia pendidikan difungsikan untuk merespon problematika yang ada karena problematika tersebut berdampak pada hilangnya moralitas generasi penerus bangsa. Sebagai tenaga pendidik, guru dituntut untuk membimbing dan membina perkembangan sikap peserta didik yakni menggunakan pembinaan karakter religius. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pembinaan karakter religius peserta didik dari segi Aqidah di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimana pembinaan karakter religius peserta didik dari segi Ibadah di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, dan 3) Bagaimana pembinaan karakter religius peserta didik dari segi Akhlaq di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pembinaan karakter religius dari segi Aqidah di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung , 2) Mendeskripsikan pembinaan karakter religius dari segi Ibadah di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dan 3) Mendeskripsikan pembinaan karakter religius dari segi Akhlak di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan Perpanjangan kehadiran dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pembinaan karakter religius peserta didik dari segi Aqidah MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, adalah melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Melalui pembelajaran di dalam kelas, guru menggunakan metode yang sesuai dan bervariasi dalam menyampaikan kurikulum yang mempelajari tentang Aqidah atau ketauhidan agar dapat dengan mudah diterima oleh peserta didik sehingga mereka dapat mengamalkan hasil dari pembelajaran mereka. Melalui pembelajaran di luar kelas, seluruh guru berkewajiban dalam menanamkan nilai Aqidah atau ketauhidan kepada peserta didik, 2) Pembinaan karakter religius peserta didik dari segi Ibadah MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah melalui kegiatan keagamaan dan melalui kegiatan ekstrakulikuler. Melalui kegiatan keagamaan, melalui kegiatan sholat Dhuha dan sholat Dhuhur secara berjamaah, membaca Al-Qur’an atau Surat Yasin dan Tahlil secara bersama-sama maupun melalui kegiatan Nariyahan. Melalui kegiatan ekstrakulikuler, melalui kegiatan program tahfidz qur’an, musabaqoh tilawatil qur’an (MTQ), sholawatan, kaligrafi dan pidato, dan 3) Pembinaan karakter religius peserta didik dari segi Akhlak MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah melalui pembinaan akhlak di dalam dan di luar kelas. Melalui pembelajaran di dalam kelas, melalui kegiatan pendekatan terhadap peserta didik, pemberian nasehat, latihan dan pembinaan serta pemberian hukuman. Melalui pembelajaran di luar kelas, melalui kegiatan keteladanan dan penerapan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163451 TIA SEPTIANA |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 02:21 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19296 |
Actions (login required)
View Item |