PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RAHMAT TAUFIQI HIDAYAT, 17205163258 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas VI di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Rahmat Taufiqi Hidayat, NIM 17205163258, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci : Penanaman Nilai-Nilai, Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mundurnya ciri khas bangsa yang berupa karakter yang seharusnya menjadi ujung dari proses keberlangsungan hidup bersosial dan bermasyarakat. Kemunduran ini di pengaruhi oleh berbagai hal diantaranya berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, anak-anak atau peserta didik ditingkat dasar adalah sasaran yang paling rawan dari bergesernya karakter ini, hal tersebut disebabkan dari kebiasaan yang menyimpang karena didikan atau pembiasaan yang kurang baik dari lingkungan atau faktor keluarga juga mempengarui perkembangan karakter tersebut. Upaya membangun dan memperbaiki karakter yang rusak atau bergeser ini perlu pemikiran dan tindakan yang jelas salah satunya melalui pendidikan. Pendidikan yang berbasis karakter di jenjang pendidikan dasar diharapkan mampu menanggulangi kemunduran dan pergeseran karakter bangsa yang dalam hal ini peserta didik tingkat dasar yang menjadi fokus dari penelitian ini. Berdasarkan permasalahan diatas, Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Kelas VI di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun 2020?, (2) Bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tanggung jawab Peserta Didik Kelas VI di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun 2020?, (3) Bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Mandiri Peserta Didik Kelas VI di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun 2020? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) penanaman nilai karakter religius merupakan proses pembiasaan suatu hal yang unik dan baik dalam jangka waktu tertentu yang bersumber dari ajaran agama,tuhan serta kepercayaan. Unsur dari karakter religius meliputi iman, islam, ihsan, ilmu, amal. Adapun cara menanamankanya dengan cara pembiasaan (2) penanaman nilai karakter tanggung jawab merupakan proses pembiasaan suatu hal yang unik dan baik dalam jangka waktu tertentu tentang penyelesaiaan tugas yang diberikan kepadanya secara sadar. Adapun usnusr-unsurnya meliputi menjalankan kewajibanya, melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya. Swdangkan cara menanamkanya dengan cara pembiasaan, pengajaran, motivasi, pemberian contoh dan penugasan. (3) penanaman nilai karakter mandiri merupakan sikap tidak bergantung atau mengandalkan orang lain dan mempunyai kepercayaan diri. Adapun usnur-unsurnya meliputi tidak mudah bergantung kepada orang lain, menyelesaikan tugas berdasarkan kemampuan. Cara menanamkan karakter ini dengan cara pembiasaan, pemberian motivasi, pengajaran dan apresiasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: s1 17205163258 RAHMAT TAUFIQI HIDAYAT
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:51
Last Modified: 29 Apr 2021 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19301

Actions (login required)

View Item View Item