PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG

HESTI CAHYANI, 17209163038 (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 7 Tulungagung,” yang ditulis oleh Hesti Cahyani, NIM. 17209163038, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I. Kata kunci: Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang menunjang penyampaian materi. Pada saat proses pembelajaran, siswa seringkali kurang memperhatikan isi materi yang diduga terlalu sulit untuk dipahami mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran video diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar IPS kelas VIII tahun ajaran 2020-2021. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar IPS kelas VIII tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan metode two group posttest-only design. Dengan media pembelajaran video sebagai variabel bebas, hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode post-test dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai post test kelompok eksperimen sebesar 81,71 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol sebesar 78,60. Hasil analisis data menunjukan nilai sig(2tailed)=0,054 lebih besar dari 0,05, atau H0 ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video dengan kelas kontrol yang konvensional. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang menggunakan video memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163038 HESTI CAHYANI
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:12
Last Modified: 12 Apr 2021 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item View Item