MASNU'ATUL KHOIRIYAH, 17210163028 (2020) KAJIAN PERBANDINGAN ALUR NOVEL DAN FILM DILAN 1990 SEBAGAI BAHAN AJAR DI KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (475kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini yang berjudul “Kajian Perbandingan Alur Novel dan Film Dilan 1990 Serta Rencana Pelaksanan Pembelajarannya Di Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Masnu’atul Khoiriyah, NIM 17210163028, pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: perbandingan Alur, Rencana pelaksanaan pembelajaran Perbandingan alur merupakan pembelajaran sastra yang dapat diterapkan di tingkat SMA/MA. Pembelajaran di SMA kelas XI terdapat materi menganai sastra, sehingga membandingan cerita novel dan film dapat menjadi media yang unik dan menjadikan pembelajaran sastra di kelas XI berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbandingan alur dalam bentuk kategorisasi aspek penyejajaran, variasi, penambahan, dan penciutan dalam ekranasi novel ke film Dilan 1990 karya Pidi Baiq dan Fajar Bustomi, serta merancang rencana pelaksanaan pembelajaran kelas XI SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq dan film Dilan 1900 karya Fajar Bustomi Fokus penelitian 1)Bagaimanakah persamaan alur yang terdapat dalam novel ke film Dilan 1990. 2)Bagaimanakah berbedaan alur yang terdapat dalam novel ke film Dilan 1990. 3)Bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada kelas XI SMA/MAN. Data diperoleh dengan teknik membaca, teknik menonton, dan teknik mencatat. Analisi data dilakukan dengan tiga cara 1)reduksi, 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji keabsahan data menggunkan uji kredibilitas dan dependability. Pada uji kredibilitas menggunakan cara meningkatkan ketekukan. Meningkatkan ketekukan berarti melakukan pengamatan secara lebih cermat dan berkesinambungan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan alur novel dan film mengalami penyejajaran, variasi, penambahan, dan penciutan. Penyejajaran alur terjadi ketika alur yang terdapat dalam novel juga ditayangkan dalam film dan ditemukan 10 penyejajaran alur. Variasi terjadi ketika cerita dalam novel yang hanya berupa narasi divisualisasikan ke dalam adegan film dan ditemukan 6 variasi alur. penamabhan merupakan hal yang tidak dituliskan dalam novel namun ditayangkan dalam film dan ditemukan 2 penambahan. Penciutan merupakan hal yang tertulis dalam novel tidak ditayangkan dalam film ditemukan 16 data penciutan alur. Selain perbandingan alur hasil lain dari penelitian ini adalah berupa rencana pelaksaan pembelajaran bagi siswa kelas XI SMA/MA yang didalamnya terdapat media serta sumber belajar yang mampu menggali kemampuan siswa dalam membandingkan sebuah karya sastra.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Film Bahasa Dan Sastra > Novel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163028 Masnu'atul Khoiriyah |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 02:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19328 |
Actions (login required)
View Item |