KOMPETENSI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK

TITIN NUR FAJRIN, 17201163288 (2020) KOMPETENSI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek” yang ditulis oleh Titin Nur Fajrin, NIM: 17201163288 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi, Guru Fiqih, Kualitas Pembelajaran Guru agama termasuk guru mata pelajaran fiqih diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan agama, terutama dalam memperbaiki kualitas pembelajaran mata pelajaran fiqih di kelas, bagaimana usaha-usaha yang dimilikinya. Sebab kualitas pendidikan tergantung pada guru, guru mata pelajaran fiqih harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian. Dengan memiliki kompetensi tersebut maka dapat meningkatkan kualitas dalam mempelajari pelajaran fiqih. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana kompetensi sosial guru fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek?. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, pengecekan teman sejawat. Skripsi ini bermanfaat bagi para guru terutama guru mata pelajaran fiqih sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran. Bagi peserta didik sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih aktif dalam belajar dan baik dalam berperilaku. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran fiqih dilihat dari sisi kepribadian menunjukkan pribadi yang berakhlaq mulia dengan teladan-teladan yang ditunjukkan. Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fiqih ditunjukkan dengan pengelolaaan kelas dalam pembelajaran, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kreatifitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan evaluasi peserta didik. Pada kompetensi sosial ditunjukkan dengan cara berhubungan baik dengan peserta didik, teman sejawat, orang tua peserat didik, dan masyarakat sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163288 TITIN NUR FAJRIN
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:52
Last Modified: 29 Apr 2021 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item