IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

IRA KUSUMA DEWI, 17205153201 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung.” yang ditulis oleh Ira Kusuma Dewi, NIM.17205153201, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag, NIP.19760272005011005 Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena merupakan sebuah proses. Prestasi belajar merupakan output hasil dari proses belajar. Berkaitan dengan penelitian ini, SDI AL Hidayah Samir memanfaatkan pendidikan karakter sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Khususnya pendidikan karakter disiplin dan tanggungjawab yang diharapkan menjadi pemicu ketertiban aktifitas belajar siswa di rumah maupun di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter tanggungjawab dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter tanggungjawab dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu peneliti melakukan tahapan penelitian dengan proses apa adanya sesuai data yang ada di lokasi penelitian. Mulai dari tahapan pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, pengolahan data hingga penyajian data. Hasil penelitian akan beebentuk narasi deskriptif yang menggambarkan kondisi sebenarnya di SDI AL Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin yang dilaksanakan di SDI Al Hidayah Samir Ngunut dilaksanakan dengan tahapan persiapan kegiatan pembelajaran, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Berkaitan dengan karater disiplin yang menjadi kajian dalam penelitianini, karakter disiplin yang ditanamkan berupa materi yang mengarah pada tindakan-tindakan siswa guna meraih keberhasilan belajar, seperti tepat waktu masuk kelas, tidak membolos, dan tepat waktu dalam mengerjakan PR (Pekerjaan rumah). (2) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin, pada karakter tanggungjawab juga dilaksanakan dengan beberapa tahapan mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Contoh nilai karakter tanggungjawab yang dilaksanakan di SDI Al-Hidayah Samir yaitu ketika siswa diajak melaksanakan shalat dzuhur berjamaah disekolah, ketaatan dalam menjalankan shalat lima waktu mengandung nilai kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab. (3) Evaluasi merupakan tindak lanjut yang ditempuh guna mengetahui hasil kegiatan pembelajaran. Adanya evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, dengan demikian evaluasi merupakan hal yang penting guna mengetahui sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153201 IRA KUSUMA DEWI
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:26
Last Modified: 23 Apr 2021 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item