HANIA MAGHFIROH, 17205163011 (2020) PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Hania Maghfiroh, NIM 17205163011, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Pembinaan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Mandiri. Penelitian ini dilator belakangi oleh pentingnya pembinaan karakter peserta didikmelalui kegiatan ekstrakurikuler pramukayang dilakukan dalam rangka meningkatkan dan menguatkan watak, tabiat, dan budi pekerti yang luhur. Penelitian ini dilaksanakan sebelum pandemic corona-19, dengan demikian, peneliti dapat melakukan wawancara langsung dengan narasumber, mengamati, dan mengambil dokumentasi proses Pembinaan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Karakter yang diangkat dalam penelitian ini adalah karakter disiplin, tanggung jawab, dan mandiri. Fokus penelitian ini adalah Pembinaan karakter disiplin, pembinaan karakter tanggung jawab dan pembinaan karakter mandiri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung? , 2) Bagaimana pembinaan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung? 3) Bagaimana pembinaan karakter mandiri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, keteralihan(Transferability), keterkaitan (Dependability), dan uji kepastian atau objektivitas(confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung berupa: (a) Kegiatan pembiasaan dan latihan rutin setiap hari Jum’at. (b) Pembiasaan mengenakan atribut pramuka yang lengkap. 2) Pembinaan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung berupa: (a) pembiasaan-pembiasaan sederhana misalkan setiap praktik kegiatan pramuka selalu disertai waktu untuk mengerjakan, (b) Tanggung jawab absen semua anggota, (c) Bertanggung jawab atas tugas materi ataupun praktek yang harus dikuasai setiap peserta didik. 3) Pembinaan karakter mandiri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 5 Tulungagung berupa: (a) Mengerjakan tugas dan pekerjaan secara individu, (b) Menemukan sebuah masalah-masalah dan menyelesaikan masalah secara mandiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163011 HANIA MAGHFIROH |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 04:12 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19358 |
Actions (login required)
View Item |