PENGARUH ALAT PERAGA POHON BILANGAN DAN TANGGA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG

GALIH NUR PERMADI, 17205163176 (2020) PENGARUH ALAT PERAGA POHON BILANGAN DAN TANGGA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Alat Peraga Pohon Bilangan dan Tangga Pintar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Keas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung” ini ditulis oleh Galih Nur Permadi, NIM 17205163176, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S. Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran di kelas ketika guru menjelaskan materi pelajaran karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika, sehingga hasil belajar dapat diperoleh secara maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh alat peraga pohon bilangan terhadap hasil belajar matematika kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung? 2) Adakah pengaruh alat peraga tangga pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung? 3) Adakah pengaruh alat peraga pohon bilangan dan tangga pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan Quasi Experiment. Metode pengumpulan data ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yaitu 48 siswa kelas II SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Metode pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan uji Independent Sampel t-Test dan Uji Paired Samle t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara alat peraga pohon bilangan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara alat peraga tangga pintar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara alat peraga pohon bilangan dan tangga pintar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163176 GALIH NUR PERMADI
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:41
Last Modified: 28 Apr 2021 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item