PEMBACAAN BISMILLAH DALAM PENCAK SILAT (Studi atas Komunitas Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Sunan Giri di Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan)

ANANG PEBRIANTO, 1731143064 (2018) PEMBACAAN BISMILLAH DALAM PENCAK SILAT (Studi atas Komunitas Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Sunan Giri di Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembacaan Bismillah Dalam Pencak Silat Studi Atas Komunitas Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Sunan Giri Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan” ini ditulis oleh Aanang Pebrianto, NIM 1731143064, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung, 2018, Pembimbing Dr. Ahmad Zainal Abidin, M.A. Kata Kuci: Bismillah, Pencak Silat, Living Qur’an. Penelitian skripsi ini membahas tentang pembacaan Bismillah didalam Pencak Silat yang tanpa mereka sadari pembacaan Bismillah tersebut telah menjadi suatu tradisi. Dalam hal ini penulis memilih komunitas perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Sunan Giri yang berada di Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan sebagai objek penelitian. Yang menarikuntuk dibahas adalah seluruh anggota komunitas tersebut menyeru untuk mengamalkannya dibaca saat melakukan apapun, khususnya bersilat. Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan maslah sebagai berikut: Pertama, bagaimana sejarah huubungan pembacaan Bismilllah dengan Pencak Silat?. Kedua, bagaimana praktik pembacaan Bismillah dalam Pencak Silat di Desa Aryojeding Kecamatan rejotanngan?. Ketiga, bagaimana makna pembacaan Bismillah dalam Pencak Silat bagi anggotanya?. Fokus pembahasan dari penelitian skripsi ini adalah terkait dengan bagaiman makna pembacaan Bismillah dalam Pencak Silat bagi komunitas perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Sunan Giri di Desa Arojeding Kecamatan Rejotangan dan sekaligus membahas praktik pengamalannya diikuti dengan pengalaman-pengalaman yang dialami. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Selain itu juga untuk mengetahui alasn mengappa mengamalkannya. Sehingga dapat mengungkap latar belakang, mmotivasi dan tujuan pembacaan Bismillah dilakukan. Pembacaan Bismillah dalam Pencak Silat jika dilihat dengan menggunakan makna suatu tindakan dalam teori sosiologipengetahuan Karl Mannheim. Adapun mengenai asal-usul tradisi pembacaan Bismillah dalam Pencak Silat tersebut adalah latar belakang dari tradisi yang yang diajarkan oleh Guru Besar dan segala anggota yang terlibat secara Getok tular. Hasil dari penelitian in adalah sebagai berikut: Pertama, pembacaan Bismillah pertamakali dilakukan saat elakoni laga pertandingan di UIN Malang dan diajarkan secara gethok tular dan berlanngsung Hingga saat ini. Kedua, urut-urutan dalam membaca Bismillah yang pertma harus berwudlu/bersuci terlebih dahulu, dilanjut membaca Bismillah sembari berdoa apa yang diinginkan dan dilanjut Sholawat sepanjang laga sembari mengingat Allah SAW. Ketiga, para anggota memaknai Bismillah merupakan suatu cara menginat Tuhannya dan menganggap Bismillah sebagai pintu dari segala Ilmu dan menjadi kan lantaran pertolongan Allah dalam situasi apapun sehingga sangat penyting dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 1731143064 ANANG PEBRIANTO
Date Deposited: 03 May 2021 02:10
Last Modified: 03 May 2021 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19367

Actions (login required)

View Item View Item