PERAN USTADZ DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

ZAZIN MU’AMILAH, 17205163242 (2020) PERAN USTADZ DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ustadz Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Program Madrasah Diniyah Di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Zazin Mu’amilah, NIM 17205163242, Pembimbing Suwanto, M.S.I., Kata Kunci: Peran Ustadz, Nilai-nilai Religius, Madrasah Diniyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa nilai-nilai religius (keagamaan) di Indonesia semakin memudar oleh kecanggihan teknologi digital, disinilah bagaiamana peran seorang pendidik/ustadz dalam menanamkan nilai nilai religius pada peserta didik sejak dini. Pendidik/ustadz bukan hanya memberi materi pelajaran umum tetapi juga harus memberikan materi keagamaan, agar peserta didik mejadi insan kamil yang berbudi pekerti luhur, dan berakhlak mulia. Maka peneliti mendeskripsikan bagaimana peran seorang Ustadz dalam menanamkan nilai-nilai relgius pada peserta didik melalui program Madrasah Diniyah di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah peran ustadz dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan Fashalatan di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? 2) Bagaimanakah peran ustadz dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik melalui kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? 3) Bagaimanakah peran ustadz dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik melalui kegiatan Pembelajaran Kitab Aqidah Akhlak di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah peran ustadz dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan Fashalatan di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar 2) Untuk mengetahui bagaimanakah peran ustadz dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan Tilawatil Qur’an di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. 3) Untuk mengetahui bagaimanakah peran ustadz dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan Pembelajaran Kitab di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari sifat –sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukakn mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Ustadz Madrasah Diniyah MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui pembelajaran Fashalatan adalah sebagai fasilitator dan motivator sekaligus pembimbing, dimana peran ustadz adalah memberi buku tentang Shalat dan juga memotivasi peserta didik agar selalu taat beribadah Shalat baik Shalat Fardhu maupun Shalat Sunnah.membimbing peserta didik dalam hal bacaan-bacaan dalam Shalat agar peserta didik terbiasa dengan cara membaca bacaan Shalat dengan baik dan benar. Selain itu itu juga untuk meningkatkan nilai-nilai religius dalam hal ibadah Shalat peserta didik, melalui pembelajaran di dalam kelas. 2) Peran Ustadz Madrasah Diniyah MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui pembelajaran Al-Qur’an adalah sebagai motivator sekaligus pembimbing. Beliau selalu memotivasi peserta didik untuk terus mempelajari Al Qur’an, dan membimbing peserta didik dalam hal membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Beliau selalu menekankan bagaimana cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar sejak dini, hal ini dikarenakan agar mereka terbiasa melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan baik dan benar pada saat pembelajaran di dalam kelas. 3) Peran ustadz Madrasah Diniyah MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui pembelajaran Kitab Aqidah Akhlak adalah sebagai pembimbing sekaligus motivator. Beliau selalu membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak di dalam kelas dengan cara menjelaskan materi-materi yang ada dalam kitab Aqidah Akhlak dalam bahasa Arab dan menjelaskannya dalam bentuk bahasa Indonesia agar peserta didik lebih memahami isi kandungan materi tersebut. Sebagai motivator beliau selalu memotivasi peserta didik agar selalu menjaga Akhlak baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Hal ini disampaikan beliau ketika di akhir pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163242 ZAZIN MU’AMILAH
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:21
Last Modified: 13 Dec 2021 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item