PERILAKU ORGANISASI DALAM MENGAKTUALISASIKAN KONSEP MIN AL-ZULUMAT ILA AL-NUR DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multikasus di MTs Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan KMI Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo)

ALI MUFRON, 17502165003 (2019) PERILAKU ORGANISASI DALAM MENGAKTUALISASIKAN KONSEP MIN AL-ZULUMAT ILA AL-NUR DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multikasus di MTs Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan KMI Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (346kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagug.ac.id

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul “Perilaku Organisasi dalam Mengaktualisasikan Konsep Min al-Z}uluma>t Ila> al-Nu>r di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multikasus di MTs Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan KMI Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo)” ini ditulis oleh Ali Mufron dengan Promotor Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Perilaku, Organisasi, Konsep Min al-Zulumat Ila al-Nur, Lembaga Pendidikan Islam. Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang kontras model pelaksanaan lembaga pendidikan berbasis industri. Pendekatan ini telah berhasil mendorong sebuah korporat bergerak secara sistematik dan membawa keuntungan secara finansial bagi korporat yang bersangkutan, namun dalam waktu yang bersamaan menimbulkan dampak psikologis dan kultural bagi keberlangsungan sosok manusia secara utuh. Pendidikan Islam, khususnya pesantren diposisikan begitu sentral untuk memberikan solusi alternatif bagi problematika kemanusiaan, moralitas dan perilaku manusia sehinga dapat menciptakan perubahan-perubahan. Pertanyaan penelitian dalam penulisan disertasi ini adalah: (1) Bagaimana perilaku individu dalam mengaktualisasikan konsep min al-zulumat ila al-nur di MTs Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan KMI Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo?; (2) Bagaimana perilaku kelompok dalam mengaktualisasikan konsep min al-zulumat ila al-nur di MTs Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan KMI Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo?; (3) Bagaimana struktur organisasi dalam mengaktualisasikan konsep min al-zulumat ila al-nur di MTs Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan KMI Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kasus individu, dan analisis multikasus. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (debandability), dan kepastian (confirmability). Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) perilaku individu dalam meningkatkan produktivitas kinerjanya dibentuk oleh pengalaman dan lingkungan melalui internalisasi tentang urgensi keberagaman individu, menciptakan sikap kerja yang positif, pembentukan kepribadian yang berkarakter, melaksanakan nilai-nilai (values) yang diinterpretasikan, penciptaan sikap kerja yang positif dan komitmen pada organisasi yang dilandasi oleh motivasi ibadah (nonprofit oriented). Perilaku individu ini dalam rangka melakukan sebuah transformasi fundamental-multidimensional pada kepribadian peserta didik melalui pendidikan yang terintegrasi (2) perilaku kelompok dalam merealisasikan tujuan organisasi lembaga pendidikan dipengaruhi oleh perekrutan SDM yang berkualitas, dan bermoral, pembentukan tim kerja, pembangunan pola komunikasi yang efektif, didukung kepemimpinan transformasional profetik, dan dapat mengelolaan konflik yang berasaskan musyawarah mufakat. Perilaku kelompok ini dalam rangka melakukan sebuah transformasi kepemiminan lembaga pendidikan Islam melalui pemberian keteladanan kenabian. (3) struktur organisasi dalam meningkatkan efektifitas organisasi dilakukan dengan menciptakan dan mengimplementasikan budaya kerja religius melalui pengoptimalan potensi iman, pikir, dan dzikir serta mampu mengelola stres kerja. Perilaku manusia yang terorganisasikan dalam struktur organisasi madrasah ini adalah dalam rangka melakukan transformasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan profesionalisme.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Disertasi 17502165003 ALI MUFRON
Date Deposited: 25 May 2021 02:41
Last Modified: 25 May 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19397

Actions (login required)

View Item View Item