ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL HUDA MALANG MATERI BANGUN DATAR TAHUN AJARAN 2019/2020

SYAMSUL MAARIF, 17204163048 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL HUDA MALANG MATERI BANGUN DATAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bahrul Huda Malang Materi Bangun Datar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Syamsul Maarif, NIM 17204163048, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Kesulitan Belajar Matematika, Bangun Datar Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan belajar matematika yang sering dialami peserta didik. Selain itu, banyak anggapan mengenai kesulitan belajar matematika sebagai hal yang niscaya dan tidak dapat diatasi. Padahal, jika diketahui dan dianalisis dengan tepat, kesulitan belajar matematika dapat diatasi. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis kesulitan belajar matematika pada materi Bangun Datar yang meliputi: (1) Kesulitan memahami simbol, membaca dan menulis dalam matematika; (2) Gangguan hubungan spasial; (3) Abnormalitas persepsi visual-spasial; (4) Asosiasi visual motorik. Berdasarkan latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam materi bangun datar; (2) mengetahui bagaimana kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam materi bangun datar; (3) mengetahui bagaimana kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan MTS Bahrul Huda Malang sebagai lokasinya dan enam siswa kelas VII MTS Bahrul Huda Malang sebagai subyek penelitian. Pemilihan subyek penelitian diperoleh melalui pengkategorian kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil penilaian akhir semester (PAS) gasal Matematika tahun ajaran 2019/2020. Sementara itu, pengumpulan data diperoleh melalui tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua subyek penelitian mengalami kesulitan belajar matematika dengan rincian: (1) pada dua subyek penelitian dengan kemampuan matematika tinggi, masing-masing mengalami satu jenis kesulitan belajar matematika; (2) pada dua subyek penelitian dengan kemampuan matematika sedang, masing-masing mengalami dua dan tiga jenis kesulitan belajar matematika; (3) pada dua subyek penelitian dengan kemampuan matematika rendah, masing-masing mengalami tiga jenis kesulitan belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204613048 Syamsul Maarif
Date Deposited: 27 May 2021 02:03
Last Modified: 27 May 2021 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item