PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KESENIAN JARANAN TRESNO BUDOYO (Studi Kasus di Sanggar Jaranan Tresno Budoyo Dusun Jati Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

MUHAMMAD ASY SYAFIÍE HUDAN, 12506184035 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KESENIAN JARANAN TRESNO BUDOYO (Studi Kasus di Sanggar Jaranan Tresno Budoyo Dusun Jati Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini berjudul “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Kesenian Jaranan Tresno Budoyo (Studi Kasus di Sanggar Jaranan Tresno Budoyo Dusun Jati Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Muhammad Asy Syafi’ie Hudan dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag Kata kunci: Nilai-Nilai Agama Islam, Kesenian Jaranan. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang unik dan menarik pada sebuah kesenian sanggar jaranan yang menanamkan nilai-nilai agama Islam melalui kesenian jaranan. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana strategi kesenian Jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam?; 2) Bagaimana pelaksanaan kesenian Jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam?; 3) Bagaimana pembinaan kesenian jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam?. Tujuan penulisan tesis ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi kesenian Jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kesenian Jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam; 3) Mendeskripsikan pembinaan kesenian jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan kesenian jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam yaitu keinginan mendirikan sanggar kesenian yang bernuansa Islam, memasukkan tembang sholawat dan puji-pujian dalam pertunjukkan, melakukan pembiasaan keagamaan dan moral yang baik kepada anggota, sebagai media dakwah dalam kesenian. 2)Pelaksanaan yang dilakukan oleh sanggar kesenian jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam yaitu dengan menerapkan penggunaan tembang sholawat Nabi dan puji-pujian kepada Allah yang mengandung doa, nilai tauhid, nilai akhlak dan nilai syariat, melaksanakan pembiasaan secara langsung kepada anggota, serta menerapkan pendekatan keteladanan secara langsung kepada anggota. 3)Pembinaan yang dilakukan oleh sanggar kesenian jaranan Tresno Budoyo dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam yaitu pengembangan sholawat yang kreatif dan inovatif bagi anggota, melakukan pembiasaan yang dilakukan secara langsung kepada anggota sanggar baik pembiasaan moral sikap maupun keagamaan, memberikan pengarahan dan bimbingan secara persuasif kepada anggota baik dalam latihan maupun pertunjukan, memadukan unsur tradisi budaya masyarakat dan tradisi budaya Islam yang penuh toleransi dan kerukunan, memberikan pendekatan keteladan dengan moral baik kepada seluruh anggota sanggar jaranan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184035 MUHAMMAD ASY SYAFI'IE HUDAN
Date Deposited: 27 May 2021 04:29
Last Modified: 27 May 2021 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item View Item