MAZRO'ATUN NURUL 'ILMI, 17208163088 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (113kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi degan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Bermakana Dengan Menggunakan Media Pembelajaran ORSAMAN (Organ Pernafasan Manusia) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Trenggalek”, ini ditulis oleh Mazro’atun Nurul ‘Ilmi, NIM. 17208163088, yang dibimbing oleh M. Lukman Hakim Abbas, S.Si,. M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Bermakna, Media Pembelajaran Gambar, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Penulis menulis penelitian yang membahas tentang pengaruh pembelajaran bermkana dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, hal tersebut dilatar belakangi bahwa mata pelajaran IPA tersusun atas beberapa konsep ilmu yang harus dipahami dan dimengerti oleh peserta didik. Sedangkan dalam realita kehidupan banyak peserta didik yang kurang dalam memahami konsep mata pelajaran IPA sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan adanya pembelajaran bermakna yang digunakan oleh penulis dan ditunjang dengan adanya media pembelajaran ORSAMAN diharapkan siswa dapat memahami suatu konsep mengenai materi sistem pernafasan pada manusia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermakna dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN (organ pernafasan manusia) terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermakna dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN (organ pernafasan manusia) terhadap hasil belajar peserta didik, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermakna dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN (organ pernafasan manusia) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Trenggalek. Kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran bermakna dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN (organ sistem pernafasan manusia) terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan hasil nilai Sig. (2-tailed),menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,01 < 0,05. (2) ada pengaruh model pembelajaran bermakna dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN (organ sistem pernafasan manusia) terhadap hasil belajar peserta didik, dengan hasil nilai Sig. (2-tailed),menunjukkan lebih kecil daro 0,05 yaitu 0,036 < 0,05. (3) ada pengaruh model pembelajaran bermakna dengan menggunakan media pembelajaran ORSAMAN (organ sistem pernafasan manusia) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik, dengan hasil nilai signifikasi Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Laegest Root adalah lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Skripsi 17208163088 MAZRO'ATUN NURUL 'ILMI |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 05:14 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 05:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19460 |
Actions (login required)
View Item |