PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA INSANI SAMBIREJO TRENGGALEK

LAFINDA AINUN MAHYA, 17206163085 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA INSANI SAMBIREJO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Lafinda Ainun Mahya. 17206163085. 2020 “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Media Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Anak di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, , pembimbing Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci : Media Audio Visual, Media Gambar, Bahasa Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penggunaan media pembelajaran yang dapat memberikan stimulasi perkembangan anak usia dini. Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu menstimulasi perkembangan anak usia dini terutama kemampuan bahasa untuk peserta didik di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek. Media audio visual dapat memberikan kombinasi pengguanaan indra penglihatan dan pendengaran pada anak, selain itu media audio visual juga dapat digunakan untuk menarik minat dan perhatian anak dalam pembelajaran dan dapat digunakan untuk mempengaruhi kemampuan bahasa anak. Sedangkan pembelajaran dengan ,media gambar akan mempermudah anak untuk mengembangkan imajinasinya, memberikan anak kebebasan dalam berbicara tanpa adanya batasan, berpikir kreatif dan menciptakan cerita yang baru dan menemukan berbagai ide pikiran dari sebuah gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan bahasa di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek? 2) Adakah pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan bahasa di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek? 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual dan media gambar terhadap kemampuan bahasa anak di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek?. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi untukk penelitian adalah peserta didik kelompok C di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari seluruh peserta didik kelompok C PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek. Sampel yang diambil merupakan sampel jenuh atau seluruh populasi dugunakan sebagai sampel. Variabel independent media audio visual dan media gambar, variabel dependent pengembangan bahasa anak. Data diambil dengan lembar observasi pengembangan bahasa anak, kemudian dianalisis dengan uji paired sample t test dan independent sample t test. Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Ada pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil pengembangan bahasa anak di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek. Hal tersebut ditunjukkan dari uji paired t test pengembangan kemampuan bahasa anak antara sebelum dan sesudahpembelajaran menggunakan media audio visual didapatkan p value 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh media gambar terhadap hasil pengembangan bahasa anak di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek. Hal tersebut ditunjukkan dari uji paired t test pengembangan bahasa anak antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media gambar didapatkan p value 0,000 < 0,05. 3) Ada perbedaan pengaruh media pembelajaran audio visual dan media gambar terhadap hasil pengembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Insani Sambirejo Trenggalek. Hal tersebut ditunjukkan dari uji independen t test pengaruh media pembelajaran audio visual dan media gambar terhadap hasil pengembangan bahasa anak didapatkan p value 0,018 < 0,05. Media audio visual dan media gambar merupakan media yang baik digunakan untuk pembelajaran di jenjang PAUD karena media ini dapat membantu meningkatkan kemampuan bahsa pada anak usia dini dan pada masa ini kedua media juga sudah mudah didapat dan digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163085 LAFINDA AINUN MAHYA
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:50
Last Modified: 03 Jun 2021 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item