STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS ASY-SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ABDURRAHMAN, 17201163089 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS ASY-SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Abdurrahman Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201163089 Tahun 2020 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru , Pembinaan Akhlak, Nilai-nilai Keagamaan Skripsi ini dilatar belakangi oleh bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung. Seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan pada diri peserta didik dan tidak hanya mengerjakan materi saja akan tetapi implementasi juga perlu dilakukan dalam dunia pendidikan. Dengan demikian nilai-nilai keagamaan tidak hanya sekedar teori namun, akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Guru berperan penting dalam perkembangan akhlak siswa. Oleh karena itu, strategi guru dalam membina akhlak ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar tercapai output yang berkualitas, karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektualnya, wawasan dan keterampilan semata, tanpa diimbangi dengan akhlak yang terpuji. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanana strategi guru dalam membina akhlak melalui penanaman nilai kejujuran peserta didik MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru dalam membina akhlak melalui penanaman nilai tanggung jawab peserta didik MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru dalam membina akhlak melalui penanaman nilai sopan santun peserta didik MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) strategi guru dalam membina akhlak peserta didik MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung adalah guru berperan sebagai teladan atau contoh, motivator dan pembimbing dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai kejujuran pada peserta didik diantaranya yaitu kegiatan sholat berjamaah, sholat jum’at dan sholat dhuha. 2) Strategi guru dalam membina akhlak peserta didik melalui penanaman nilai tanggung jawab di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung adalah guru berperan sebagai teladan, pembimbing dan pendidik. Dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai tanggung jawab pada peserta didik ini melalui tadarus al-Qur’an sebelum mata pelajaran dimulai, adanya tagihan hafalan, dan juga program takhfid. 3) Strategi Guru dalam membina akhlak peserta didik melalui penanaman sopan santun di MTs Asy-Syafi’iyah Gondang Tulungagung adalah guru berperan sebagai teladan, motivator dan pembimbing dalam mengajarkan sopan santun pada diri siswa melalui kegiatan kerapian setiap hari dan menanamkan rasa tawadu’ serta saling menghormati sesama terutama terhadap guru dan orang yang lebih tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163089 MUHAMMAD ABDURRAHMAN
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:52
Last Modified: 10 Jun 2021 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item