STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM TEORI HUMANISTIK DAN TEORI PENDIDIKAN ISLAM

MUHAMMAD RAMADHANY AL KHABIBIE, 17201163373 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM TEORI HUMANISTIK DAN TEORI PENDIDIKAN ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Startegi Pembelajaran Dalam Teori Humanistik dan Teori Pendidikan Islam” ditulis oleh Muhammad Ramadhany Al Khabibie, NIM. 17201163373, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. NIP: 197201151999032002 Kata Kunci: Startegi belajar, Teori Humanistik, Teori Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih mendalam strategi belajar dari teori humanistik dan teori pendidikan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya penggunakan teori belajar humanistik dan teori belajar pendidikan Islam dalam proses pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas, maka dapat membantu pendidik dalam mendesain pembelajaran sehingga dapat memberikan kemudahan kepada pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Akan tetapi memakai teori belajar tidaklah semudah yang dikira, dalam prosesnya teori belajar membutuhkan komponen-komponen penting dalam keberlangsungan pembelajaran seperti: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, media dan sumber pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam hal ini peneliti tertarik melakukan studi komparasi mengenai strategi pembelajaran dalam teori humanistik dan teori pendidikan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana strategi pembelajaran menurut teori humanistik?, 2) Bagaimana stratetgi pembelajaran menurut teori pendidikan islam?, 3) Bagaimana perbandingan strategi pembelajaran antara teori humanistik dan teori pendidikan Islam.? Sedangkan tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran menurut teori humanistic, 2) Untuk mendeskripsikan stratetgi pembelajaran menurut teori pendidikan islam, 3) Untuk mendeskripsikan perbandingan strategi pembelajaran antara teori humanistik dan teori pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan, dengan pendekatan penelitian hermeneutic dan jenis metode penelitian content analysis. Sumber data diambil dari buku maupun jurnal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Membahas Strategi pembelajaran dalam teori humanistik. dijelaskan sebagai berikut: a) Tujuannya menciptakan siswa aktif dalam pembelajaram, b) Materi yang diambil bersifat umum, c) Kegiatan pembelajaran menerapkan confluent education dan cooperative learning, d) Metode pembelajaran yang dipakai metode diskusi, tanya jawab dan kelompok, e) Media berupa papan tulis, lcd proyektor, dan laptop adapun sumber pembelajaran dari buku, internet dan lingkungan, f) Evaluasi pembelajaran mengacu pada pembetukan bakat dan minat siswa. 2) Membahas Strategi pembelajaran dalam teori pendidikan islam. dijelaskan sebagai berikut: a) Tujuannya menanamkan keimanan pada siswa, b) Materi pembelajaran diambil dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, c) Kegiatan pembelajaran mengedepankan aspek pembelajaran Islami, d) Metode pembelajaran yang dipakai diskusi, tanya jawab dan kelompok, e) Media berupa papan tulis, lcd proyektor dan laptop, adapun sumber pembelajaran dari Al Qur’an dan Al Hadits f) Evaluasi pembelajaran mengacu pada pembetukan karakter Islami. 3) Persamaan pembelajaran antara teori humanistik dan teori pendidikan Islam terletak pada aspek kegiatan, metode, media dan sumber pembelajaran, b) Perbedaan pembelajaran antara teori humanistik dan teori pendidikan Islam terletak pada aspek tujuan, materi dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163373 MUHAMMAD RAMADHANY AL KHABIBIE
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:21
Last Modified: 14 Jun 2021 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item