IRHAMNA MAULANA, 17205163331 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR POSTER PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Media Gambar Poster pada Mata Pelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis Irhamna Maulana, NIM: 17205163331, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Strategi Guru, Prestasi Belajar, Media Gambar Poster Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa Seorang guru yang tidak menguasai sebuah strategi pembelajaran, maka ketika penyampaian materi pembelajaran menjadi tidak maksimal, hal ini juga dapat menghambat pada proses belajar mengajar yang berujung pada tidak tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Guru diharapkan untuk menguasai bermacam-macam strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran. Diantaranya media pembelajaran gambar poster. Media gambar poster merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk meminimalisir kesulitan peserta didik dalam pembelajaran. Seperti halnya untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal dan menyenangkan dibutuhkan media yang tepat agar dalam proses pembelajaran peserta didik lebih mengusai materi dan timbul rasa ketertarikan peserta didik terhadap materi, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster pada mata pelajaran Tematik muatan IPA kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster pada mata pelajaran Tematik muatan IPA kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster pada mata pelajaran Tematik muatan IPA kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keseharian dan proses pembelajaran siswa di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar, sedangkan wawancara digunakan untuk menggali data tentang strategi guru meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster. Selanjutnya dokumentasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan pelaksanaan strategi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster guru mempersiapkan RPP, gambar-gambar yang sesuai dengan materi yang nantinya digunakan di poster sebagai media pembelajaran. 2) Dalam pelaksanaan media gambar poster dikarenakan belum diperbolehkannya pembelajaran secara tatap muka, maka dilakukan pembelajaran online sehingga gambar poster tersebut dibuat video pembelajaran supaya siswa dapat memahami materi tersebut. Video tersebut dikirim ke WhatsApp grup wali murid sehingga siswa dapat mempelajarinya dirumah masing-masing. Video tersebut digunakan sebagai penunjang media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi siswa. 3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster yaitu guru memberikan soal latihan yang ada di Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa terkait materi. Setelah siswa mengerjakan, jawaban tersebut dikirimkan ke guru. Ketika semuanya sudah dikoreksi ternyata prestasi lebih meningkat dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan video yang berisikan media gambar poster.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163331 IRHAMNA MAULANA |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 06:30 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19688 |
Actions (login required)
View Item |