STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR POSTER PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

IRHAMNA MAULANA, 17205163331 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR POSTER PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Media Gambar Poster pada Mata Pelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis Irhamna Maulana, NIM: 17205163331, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Strategi Guru, Prestasi Belajar, Media Gambar Poster Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa Seorang guru yang tidak menguasai sebuah strategi pembelajaran, maka ketika penyampaian materi pembelajaran menjadi tidak maksimal, hal ini juga dapat menghambat pada proses belajar mengajar yang berujung pada tidak tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Guru diharapkan untuk menguasai bermacam-macam strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran. Diantaranya media pembelajaran gambar poster. Media gambar poster merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk meminimalisir kesulitan peserta didik dalam pembelajaran. Seperti halnya untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal dan menyenangkan dibutuhkan media yang tepat agar dalam proses pembelajaran peserta didik lebih mengusai materi dan timbul rasa ketertarikan peserta didik terhadap materi, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster pada mata pelajaran Tematik muatan IPA kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster pada mata pelajaran Tematik muatan IPA kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster pada mata pelajaran Tematik muatan IPA kelas IV MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keseharian dan proses pembelajaran siswa di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar, sedangkan wawancara digunakan untuk menggali data tentang strategi guru meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster. Selanjutnya dokumentasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan pelaksanaan strategi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster guru mempersiapkan RPP, gambar-gambar yang sesuai dengan materi yang nantinya digunakan di poster sebagai media pembelajaran. 2) Dalam pelaksanaan media gambar poster dikarenakan belum diperbolehkannya pembelajaran secara tatap muka, maka dilakukan pembelajaran online sehingga gambar poster tersebut dibuat video pembelajaran supaya siswa dapat memahami materi tersebut. Video tersebut dikirim ke WhatsApp grup wali murid sehingga siswa dapat mempelajarinya dirumah masing-masing. Video tersebut digunakan sebagai penunjang media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi siswa. 3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media gambar poster yaitu guru memberikan soal latihan yang ada di Lembar Kerja Siswa untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa terkait materi. Setelah siswa mengerjakan, jawaban tersebut dikirimkan ke guru. Ketika semuanya sudah dikoreksi ternyata prestasi lebih meningkat dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan video yang berisikan media gambar poster.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163331 IRHAMNA MAULANA
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:30
Last Modified: 14 Jun 2021 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19688

Actions (login required)

View Item View Item