IKA FAJAR ANDRIASARI, 12505184017 (2021) LEARNING SOCIETY BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Multikasus di SDN 1 Kampungdalem dan MIN 4 Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (829kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
Abstract
Ika Fajar Andriasari. 2020. Learning Society Berbasis Literasi Digital Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Multikasus di SDN 1 Kampungdalem dan MIN 4 Tulungagung. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing 1) Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd., 2) Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag Kata Kunci: Learning Society, Literasi Digital, Mutu Pembelajaran Perkembangan teknologi informasi menjadi bagian dari munculnya era revolusi digital di Indonesia. Perkembangannya yang sangat pesat mampu memberikan pengaruh besar dan mendominasi seluruh sektor kehidupan masyarakat, termasuk di dunia pendidikan. learning society dikembangkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pembelajaran yang bermutu apabila berhasil mengubah sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik dikaitkan dengan tujuan pendidikannya. SDN 1 Kampungdalem dan MIN 4 Tulungagung merupakan sekolah/madrasah yang mempunyai perpustakaan dan literasi digital, walaupun masih harus ada banyak perbaikan dan penambahan fasilitas. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana program learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 di SDN 1 Kampungdalem dan MIN 4 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan program learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 di SDN 1 Kampungdalem dan MIN 4 Tulungagung? 3) Bagaimana sistem pengendalian learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 di SDN 1 Kampungdalem dan MIN 4 Tulungagung? Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara; observasi; dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Hasil penelitiannya adalah menunjukkan 1) Program learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 dilakukan dengan adanya lomba story telling yang diadakan setiap bulan. Terdapat program pekan membaca untuk menambah wawasan peserta didik dengan diwajibkannya membaca literasi melalui berbagai sumber yang salah satunya berasal dari internet serta menyarankan kepada guru-guru untuk mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi ajar, evaluasi pembelajaran yang telah dipersiapkan dengan persetujuan dari kepala sekolah/madrasah dan menyiapkan perangkat pembelajaran dengan membudayakan belajar melalui literasi digital dan persiapakan sumber belajar di perpustakaan dan jaringan internet. 2) Pelaksanaan learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 dilakukan dengan a) Penyediaan laboratorium komputer, perpustakaan yang lengkap dan akses internet, b) Penyediaan layar dan papan informasi melalui media digital diantaranya dengan penyediaan layar dan papan informasi digital di setiap kelas, adanya konten-konten perkembangan ilmu pengetahuan dunia, fakta-fakta sains, permainan edukatif dan sebagainya yang ditampilkan di mading yang bisa dilihat oleh semua warga sekolah. c) Penggunaan aplikasi edukatif dalam menunjang kegiatan pembelajaran dengan penggunaan aplikasi classroom, group WA dan fasilitas sekolah dibutuhkan. d) Pemanfaatan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran dengan mengakses jawaban soal-soal yang diberikan oleh guru dengan mencari informasi di internet dengan menggunakan Handphone dan warung internet ser Wifi yang ada dirumah masing-masing siswa. 3) Sistem pengendalian learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 dilakukan melalui: a) Pengendalian input learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi penguatan visi, dan misi melalui rapat, penyediaan sarana prasarana dan budaya literasi di sekolah, sehingga dapat terlaksana sistem pengendalian learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran. b) Pengendalian proses learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran diantaranya dengan penyediaan layar dan papan informasi digital di setiap kelas dan membuat benner agar bisa dilihat oleh semua warga sekolah dan memanfaatkan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran dengan mengakses jawaban soal-soal yang diberikan oleh guru dengan mencari informasi di internet. c) Pengendalian output learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi output akademik yaitu motivasi dan prestasi belajar meningkat, output non akademik yaitu warga sekolah menjadi melek teknologi dan berdampak pada kegiatan penerimaan siswa baru yang semakin banyak jumlah pendaftarnya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam Sosiologi Pendidikan Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | ika 12505184017 ikafajarandriasari |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 01:58 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 01:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19751 |
Actions (login required)
View Item |