ANALISIS PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOJOSARI KRAS

RIMAYA MASFI, 17210163082 (2020) ANALISIS PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOJOSARI KRAS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Problematika Belajar DALAM Menulis Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosari Kras” ini ditulis oleh Rimaya Masfi, NIM. 17210163082, pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Problematika, Belajar, Menulis, Teks Eksplanasi Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikausai oleh siswa. Keterampilan menulis sendiri memiliki arti menuangkan ide, gagasa, perasaan, dan pesan secara tidak langsung. Namun, pada kenyataannya pembelajaran keterampilan menulis belum menunjukkan hasil yang maksimal. Masih banyakdari para siswa yang kesulitan dengan menulis, terutama menulis sebuah teks eksplanasi. Teks eksplanasi sendiri adalah teks yang menjelaskan suatu peristiwa secara rinci. Kesulitan itulah yang menjadi problematika siswa dalam belajar menulis teks eksplanasi. Problematika atau masalah sendiri sering muncul pada kegiatan proses belajar mengajar, tidak terkecuali pada saat siswa belajar menulis teks eksplanasi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu pertama mendeskripsikan problematika siswa dalam pramenulis teks eksplanasi, yang kedua problematika siswa dalam belajar menulis teks eksplanasi, dan problematika siswa pasca menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosari Kras. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, (1) Apa saja problematika siswa dalam pramenulis teks eksplanasi siswa kelas VIII, (2) Bagaimana problematika siswa dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII, (3)Bagaimana problematika siswa pasca menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian yang pertama yaitu mendeskripsikan problematika siswa dalam pramenulis teks eksplanasi siswa kelas VIII, yang kedua mendeskripsikan problematika siswa dalam menulis teks eksplanasi, yang ketiga mendeskripsikan problematika siswa pascamenulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari siswa dan guru berupa hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan survey dengan siswa ditambah guru serta hasil dokumentasi hasil karya siswa. Cara mengambil data diperoleh dari wawancara guru dan siswa, survei guru dan siswa, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan. Pertama permasalahan siswa pada saat pramenulis adalah minat siswa.Bahwa minat siswa untuk menulis teks eksplanasi sangat rendah disebabkan oleh kepercayaan diri siswa dalam menulis. Kedua, masalah siswa dalam belajar menulis teks eksplanasi yaitu sikap pesimis siswa dimana siswa sudah menyerah dan tidak yakin bahwa siswa bisa menulis teks eksplanasi disebabkan ketidak percayaan diri siswa akan kamampuan mereka dalam menulis, selain itu kebingungan dalam memulai menulis sebuah teks eksplanasi dimana siswa kebingungan dalam menyampaikan pesan menggunakan kalimat atau kata-kata yang benar atau sesuai, siswa merasa bingung bagaimana kata yang tepat untuk memulai atau membuka suatu bacaan. Selain itu juga, kesulitan dalam mencari inspirasi untuk bahan dalam menulis teks eksplanasi, kebanyakan siswa kesulitan dalam mencari inspirasi karena kurangnya minat siswa dalam menulis menyebabkan kurangnya ide atau gagasan dalam tulisan siswa sehingga tersekan monoton. Kesalahan dalam penggunaan kaidah kebahasaan juga sering terjadi, tulisan siswa biasanya tidak saling berkesinambungan antar kalimat. dan juga kesalahan ejaan serta berbelit-belitnya kalimat dalam tulisan sehingga membuat pembaca merasa kebingungan dalam membaca sebuah teks eksplanasi yang dibuat oleh siswa. Ketiga permasalahan siswa pasca menulis adalah kegiatan menyunting teks yang telah ditulis oleh siswa sendiri. Siswa kesulitan dalam menyunting sebuah teks dikarenakan siswa sendiri tidak mengetahui apakah teks yang mereka tulis telah sesuai dengan struktur teks, kaidah kebahasaan, dan sesuai dengan tema.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163082 RIMAYA MASFI
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:42
Last Modified: 01 Nov 2021 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item