DANANG PUTRAYOGI SUGANDA, 17201153347 (2021) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013 DI MTsN 4 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (228kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (138kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (39kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa pada Kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek”, ini ditulis oleh Danang Putrayogi Suganda, NIM 17201153347. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum. NIP. 198404142014031004. Kata Kunci: Strategi, Guru Aqidah Akhlak, Karakter, Kurikulum 2013. Penelitian dalam sekripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa seringkali sekolah hanya menyuguhkan materi-materi pelajaran yang harus dihafalkan peserta didik dan hanya sedikit sekali yang menambahkan nilai-nilai karakter dalam kurikulum sekolah. Sehingga hal tersebut sebagai salah satu penyebab terjadinya degradasi akhlak di sekolah. Penanaman nilainilai akhlak terpuji sebagai acuan pendidikan karakter hadir sebagai solusi masalah tersebut. Melalui pendidikan karakter yang banyak dicanangkan oleh para pendidik, maka sebagai pembiasaan untuk berbuat baik yang dilakukan secara serius serta proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam upaya membentuk karakter siswa pada kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek? (2) Bagaimana hambatan strategi guru Aqidah Akhlak dalam upaya membentuk karakter siswa pada kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek? (3) Bagaimana dampak strategi guru Aqidah Akhlak dalam upaya membentuk karakter siswa pada kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek? Teknik penelitian yang digunakan adalah: Penelitian deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan datanya: Observasi, wawancara, dokumentasi. Lokasi penelitian: MTsN 4 Trenggalek. Instrumen: Peneliti. Sumber data: Informan, aktifitas, dokumen, lingkungan fisik dan sosial sekolah. Analisis data: identifikasi, klasifikasi dan di internalisasikan dengan penjelasan-penjelasan deskriptif. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan/keajekan pengamatan, dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan: 1) Strategi guru Aqidah Akhlak dalam upaya membentuk karakter siswa pada kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek. Memiliki beberapa kecendrungan: a) dengan cara membudayakan sopan santun. b) memberikan contoh yang baik. c) mewajibkan sholat berjamaah. d) memberikan bimbingan ibadah sehari-hari. 2) Hambatan strategi guru Aqidah Akhlak dalam upaya membentuk karakter siswa pada kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek. Memiliki kecendrungan: a) faktor modeling atau menirukan peran yang dilihat melalui sosial media. b) faktor lingkungan yang kurang memadai. c) faktor pergaulan atau pengaruh teman. d) faktor pengawasan orang tua. 3) Dampak strategi guru Aqidah Akhlak dalam upaya membentuk karakter siswa pada kurikulum 2013 di MTsN 4 Trenggalek. Memiliki beberapa kecendrungan: a) siswa sadar akan perilaku terpuji dan taat akan perintah Agama. b) siswa lebih disiplin dan sopan santun kepada orang lain. c) Siswa baik dalam bergaulan dengan temanya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153347 DANANG PUTRAYOGI SUGANDA |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 05:00 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 05:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19812 |
Actions (login required)
View Item |