PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

HASNAH FAUZIAH, 12505184015 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Ispring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” ini ditulis oleh Hasnah Fauziah dengan pembimbing Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Software Ispring, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran berbasis IT yang kurang maksimal, terutama selama masa pandemi COVID 19. Hasil belajar IPA siswa kelas 5 di SDI Qurrota A’yun masih rendah yaitu dengan rata-rata 75. Sehingga dibutuhkan inovasi media pembelajaran berbasis IT yang dapat digunakan untuk pembelajaran siswa di rumah yang juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDI Qurrota A’yun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran berbasis software iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa ?; (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis software iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa?; (3) Bagaimana efektifitas media pembelajaran berbasis software iSpring untuk meningkatkan hasil belajar siswa ?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono, yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur rancangan dan pengembangannya. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada dua ahli yaitu ahl materi, ahli Media, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas 5B di SDI Qurrota A’yun yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa: 1) media pembelajaran berbasis software isping berupa aplikasi android, sehingga hanya bisa dibuka melalui android setelah mengalami proses instalasi. Media pembelajaran ini memiliki beberapa bagian, yaitu halaman sampul (cover screen), halaman selamat datang (welcome screen), halaman menu utama. Menu utama pada aplikasi ini adalah a) petunjuk yaitu berisi petunjuk penggunaan; b) materi, yang berisi materi yang dilengkapi dengan gambar, penjelasan, dan video. Materi terdiri dari 3 bab yang dilengkapi soal-soal evalusai (quiz) di akhir materi; c) quiz, yang merupakan soal evaluasi materi masing-masing bab, terdapat 3 tipe soal yaitu multiple choice, true/false, dan teaching; d) daftar rujukan yang berisi literatur yang dirujuk untuk menyusun media pembelajaran baik berupa buku, maupun internet; e) autor, yaitu berisi data diri penyususun media pembelajaran; 2) Persentase kelayakan media yang diperoleh adalah 82,8% dari ahli media dan 82,8% dari ahli materi sehingga media pembelajaran berbasis software ispring dinyatakan sangat layak untuk digunakan; 3) persentase angket respon pengguna yang diperoleh adalah 96,4 % dari respon guru dan 92,1% dari respon siswa. Sehingga media pembelajaran berbasis software ispring sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil Uji t (Independent Sample T test) diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis software ispring dengan yang tanpa menggunakannya. Maka dapat dikatakan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Software Ispring dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: MP.d 12505184015 Hasnah Fauziah
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:29
Last Modified: 23 Jun 2021 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item