TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Home Industry Alat Dapur TY Stainless Stell Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

YOSI LUKITASARI, 12402173105 (2021) TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Home Industry Alat Dapur TY Stainless Stell Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Home Industry Alat Dapur TY Stainless Stell Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Yosi Lukitasari, NIM 12402173105, Pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan usaha antara pelaku usaha, maka pada setiap perusahaan besar maupun kecil dituntut untuk lebih memperhatikan strategi pemasarannya. Setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dan efektif agar tujuan nya tercapai. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan pada home industry TY stainless stell Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran pada home industry TY stainless stell Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? 3) Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran pada home industry alat dapur TY stainless stell Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber data yang diperoleh dari informasi, situasi lokasi, dan berkas dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dan pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Strategi pemasaran yang diterapkan home industry TY stainless stell dalam meningkatkan volume penjualannya adalah menggunakan bauran pemasaran 4p meliputi (product, price, place, promotion). Dampak yang ditimbulkan dari penerapan strategi pemasaran yang dilakukan home industry TY ini membuat volume penjualan pada home industry TY stainless stell semakin berkembang dan meningkat, sehingga dari tahun ke tahun jumlah penjualan produk alat dapur meningkat. 2) Kendala yang dihadapi oleh home industry alat dapur TY stainless stell dalam menjalankan strategi pemasaran yaitu diantaranya produk rusak saat pendistribusian, bahan baku telat, sulitnya mengambil kepercayaan konsumen bahwa kualitas yang dihasilkan bagus dengan harga yang lebih rendah dari pesaing, laba rendah, banyak pesaing di daerah Kaliwungu, pihak distributor mendapat pemasok dari produsen lain yang lokasinya lebih dekat, promosi secara langsung dari mulut ke mulut mengakibatkan masih banyak masyarakat yang belum mengenal produk alat dapur TY stainless stell, hal tersebut diatasi dengan solusi sebagai berikut: mengganti produk yang rusak, stok bahan baku banyak, menyediakan stok contoh produk, memperhitungkan biaya dengan teliti, memproduksi alat dapur dengan kualitas bagus, akan merambah ke dunia sosial. 3) Strategi pemasaran 4p (product, price, place, promotion) yang diterapkan pada home industry alat dapur TY stainless stell sudah sesuai dengan ekonomi syariah. Ketika kondisi jual beli yang dilakukan dengan saling ridho, transparan dan jujur antara penjual dan pembeli maka akan terjadi kepuasan pasar karena terdapat asas saling menguntungkan melalui pemanfaatan 4p (product, price, place, promotion). Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Ekonomi Syariah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173105 Yosi Lukitasari
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:19
Last Modified: 01 Jul 2021 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item View Item