KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek)

AGUS SETIAWAN, 175615005 (2017) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Agus 175615005, 2017. Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek). Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing: 1) Dr. H. Nur Kholis, M. Pd, 2) Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd. I Kata Kunci : Kreativitas , Prestasi Belajar siswa Kemajuan tekhnologi sebagai tanda dari globalisasi sudah tidak dapat dihindari lagi, manusia yang bijak adalah manusia yang mampu merespon serta mengimbangi kemajuan tersebut dengan keterampilan serta kemampuan yang dibutuhkan sehingga tidak terlindas oleh kemajuan tersebut. guru merupakan unsur yang sangat penting serta ujung tombak dalam keberhasilan proses pembelajaran, ia mempunyai peran strategis baik dalam perumusan, pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran demi pencapaian prestasi belajar siswa, untuk itu dibutuhkan kreativitas untuk menjadi guru yang profesional agar supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini difokuskan pada aspek Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SMPN 1 Kampak dan SMP Islam Gandusari, dengan pertanyaan penelitian yaitu; 1) Bagaimana kelancaran (Fluency) Guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Kampak Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Trenggalek?, 2) Bagaimana keluwesan (fleksebility) Guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Kampak Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Trenggalek?, 3) Bagaimana Keaslian Pemikiran (Originality) Guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Kampak Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsika kelancaran, keluwesan, keaslian pemikiran Guru PAI dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa di SMPN 1 Kampak Trenggalek dan SMP Islam Gandusari Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian multi kasus dengan jenis penelitian field reaserch. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pengecekan rekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama; kelancara dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Kampak menunjukkan guru PAI lancara dalam menyampaikan dengan mengadakan persiapan-persiapan serta menyampaikan materi dengan bahasa yang runtut dan mudah difamhami dan guru juga selalu belajar dan diskusi dengan rekan kerja agar memiliki wawasan yang luas Sedangkan di SMP Islam gandusari adalah guru PAI dapat menyampaikan materi dengan lancar dengan penguasaan materi yang baik serta menyajikan materi semenarik mungkin agar siswa mudah memahami dan guru juga selalu memperluas wawasannya agar tidak kehabisan ide dan gagasan.. Kedua; keluwesan yang guru PAI terapkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Kampak guru PAI melakukan pembelajaran kombinasi metode dan dalam menggunakan media guru PAI menyelaraskan dengan situasi dan kondisi siswa. Sedangkan di SMP Islam gandusari adalah guru PAI menerapkan metode pembelajaran dengan mengacu pada kondisi siswa agar metode yang digunakan tepat sasaran dan juga menggunakan media dengan mengacu pada kondisi dan tujuan pembelajaran. Ketiga; keaslian pemikiran yang guru PAI terapkan dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa di SMPN 1 Kampak guru melakukan pengembangan strategi pembelajaran dengan menumbuhkan kerjasama antar siswa, memberikan motinvasi, memanajemen kelas dan juga mengembangkan sumber belajar dengan mengadakan program ekstrakurikuler Tilawahil Qur’an, menjadikan masjid sebagai tempat untuk membiasakan kegiatan sholat berjamaah serta memperingati hari besar islam. Sedangakan di SMP Islam gandusai adalah guru PAI melakukan pengembangan strategi belajar dengan menjalin kerja sama dengan semua guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan guru PAI juga melakukan pengembangan sumber belajar dengan mengadakan kajian kitab ta’lim muta’alim, memanfaatkan Masjid untuk mendidik ibadah, dan mengadakan program mengahafal surat Yasin dan Tahlil.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 175615005 AGUS SETIAWAN
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:21
Last Modified: 12 Nov 2021 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item